Ekonomi

Isi Kuliah Umum di UMSU, Mendikbud Sebut Ekonomi Indonesia ‘Sakti’

MEDAN, EDUNEWS.ID – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menyinggung soal kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi. Muhadjir menyebutkan, Indonesia termasuk ‘sakti’ di bawah Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan pencapaian pembangunan ekonomi sudah mencapai 5,1% se-Asia Pasifik. Memang belum mencapai target yang ditentukan pemerintah, yakni 6%, tetapi ini sudah termasuk pencapaian yang luar biasa.

“Hanya China yang diatas Indonesia, yang lainnya di bawah Indonesia. Kita memiliki sumber daya yang sangat besar, baik ekonomi maupun teknologi. Pendapatan perkapita Indonesia Rp50 Juta pada tahun 2016. Malaysia saja jauh di bawah kita yakni hanya Rp 30 juta per tahun,” jelasnya saat memberikan kuliah umum yang diikuti ratusan mahasiswa Pasca Sarjana UMSU di Gedung Pasca Sarjana UMSU, Jalan Denai Medan, Sabtu (7/1/2017) sore.

Dikatakannya, selama ini Presiden Jokowi sudah berhasil mempertahankan kekayaan nasional. Dan ini menjadi modal Indonesia, dalam menghadapi ketidak pastian perubahan ekonomi internasional.

“Memang ekspor kita rendah, tetapi bukan berarti produk kita tidak kompetitif, karena memang ekspor internasional yang selama ini menjadi partner sedang menurun drastis atau mengalami kelesuan ekonomi. Tetapi ini tidak banyak mempengaruhi, karena kita selalu berupaya menjaga daya tahan ekonomi kita, dengan meningkatkan ekonomi dalam negeri,” tukasnya.

To Top