Ekonomi

Jokowi Diminta Evaluasi Kinerja BUMN

 
 
JAKARTA, EDUNEWS.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) diminta segera mengevaluasi kinerja Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Pasalnya, hingga kini, keberadaan perusahaan-perusahaan plat merah itu dinilai masih jauh dalam berkontribusi menyejahterahkan rakyat.
Menurut Ketua Ikatan Keluarga Alumni Universitas Pertahanan Nasional (IKA Unhan) Heru Dharsono, diperlukan revolusi mental untuk membenahi peran BUMN. Sehingga, BUMN benar-benar ditempatkan dalam porsi yang sesungguhnya membantu pemerintah menghadirkan kesejahteraan bagi rakyat.
“Ini tahun politik. Jangan sampai BUMN yang bertugas sejahterakan bangsa malah menjadi bancakan politik,” katanya, Senin (30/4/2018).
Untuk itu, Heru meminta Jokowi tidak hanya fokus menyoroti kinerja direksi BUMN, melainkan juga dewan komisaris harus diperhatikan. Bila Komisaris bisa menjalankan fungsi pengawasan dengan baik, dia menyakini jajaran direksi BUMN akan berkinerja lebih baik.
“Banyaknya persoalan di BUMN maka Presiden Jokowi harus segera turun tangan. Termasuk membenahi posisi komisaris. Jabatan komisaris jangan diberikan atau sebagai hadiah pendukung apalagi yang tidak mumpuni, tidak kapabel. Presiden harus benahi ini, apalagi ada juga mereka yang rangkap jabatan hingga tidak fokus dan profesional,” tegas Heru.

To Top