Ekonomi

Presiden Jokowi Pilih Anak Buah Luhut Pimpin Komisioner LPS

ilustrasi

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Presiden Joko Widodo resmi menunjuk Purbaya Yudhi Sadewa sebagai Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Purbaya akan memimpin LPS untuk periode 2020-2025.

Purbaya sebelumnya menjabat sebagai Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi Kementerian Kooordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi di bawah pimpinan Luhut Binsar Panjaitan.

Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Setya Utama saat berbincang dengan CNBC Indonesia membenarkan penunjukkan Purbaya dan struktur Dewan Komisioner LPS yang baru.

“Benar, mas,” kata Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Setya Utama seperti dilansir dari CNBC Indonesia, Sabtu (5/9/2020).

Meski demikian, Setya mengaku masih belum mengetahui kapan Purbaya dan anggota Dewan Komisioner LPS lainnya dilantik. Namun, hampir dipastikan mereka adalah Dewan Komisioner LPS yang akan bertugas lima tahun ke depan.

Penunjukkan Purbaya dan anggota Dewan Komisioner lainnya tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) tentang Penunjukan Dewan Komisioner yang berlaku pada 20 September 2020.

Dalam Keppres itu, Purbaya Yudhi Sadewa menduduki jabatan Ketua Dewan Komisioner LPS, sementara Lana Soelistianingsih ditunjuk sebagai Anggota Dewan Komisioner merangkap Kepala Eksekutif LPS. Selain itu, ada nama Didik M yang juga menjadi Anggota Dewan Komisioner LPS.

Jokowi lewat Keppres itu juga menunjuk anggota komisioner ex officio yang berasal dari Kementerian Keuangan, Bank Indonesia (BI), serta Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Nama-nama tersebut adalah Luki Alfirman (Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan), Destry Damayanti (Deputi Gubernur Senior BI), serta Heru Kristiyana (Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK).

Saat ini, posisi Ketua Dewan Komisioner LPS masih diemban oleh Halim Alamsyah. Yang bersangkutan akan mengakhiri masa jabatannya pada akhir bulan ini.

cnn

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top