News

Gunung Api Bawah Laut Terbaru Ditemukan

Gunung Api Bawah Laut Terbaru Ditemukan

EDUNEWS.ID-Gunung api bawah laut terbaru ditemukan para peneliti di lepas pantai Afrika. Dikutip dari Live Science, penemuan disebabkan gunung api yang terus bergoyang atau erupsi tanpa henti.

Erupsi tersebut bahkan diklaim sebagai terbesar yang pernah direkam manusia. Erupsi tersebut menghasilkan gelombang suara (seismik) aneh yang terdengar seperti bunyi ‘hum’ dengan frekuensi rendah.

“Kami belum pernah melihat yang seperti ini,” kata pimpinan ekspedisi menuju lokasi riset Nathalie Feuillet yang menggunakan kapal Marion Dufresne.

Dalam riset Feuillet yang bekerja di Institute of Geophysics in Paris (IPGP), gunung api bawah laut ini berukuran sangat besar. Tingginya mencapai 0,8 kilometer dari lantai samudra, dengan panjang lima kilometer.

Gunung api bawah laut ini berlokasi 50 kilometer dari garis pantai timur Mayotte. Wilayah tersebut berada di Samuera Hindia antara Madagaskar dan Mozambik. Kenampakan alam ini terwujud hanya dalam waktu enam bulan.

Menurut Feuillet, timnya sama sekali tak menyangka akan menemukan gunung api bawah laut. Apalagi bunyi aneh yang tertangkap pada November 2018 tersebut mungkin sudah mengelilingi dunia, namun tidak ada yang bertanya penyebabnya.

Kecurigaan tim pimpinan Feuillet berawal dari suara ‘hum’ berfrekuensi seragam. Bunyi ini jelas berbeda dengan suara gempa bumi yang punya banyak frekuensi. Suara tersebut tidak bisa dideteksi sebagai p-waves atau s-waves.

Suara gunung api bawah laut terbaru dideteksi enam seismometers di dasar samudra. Alat ini menangkap gempa bumi yang terjadi sangat rapat di lipatan bumi dalam. Gerakan ini menggoyang kamar magma yang uapnya keluar dari lapisan bebatuan di lantai samudra.

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top