News

Hakim Perintahkan KPU Batalkan Danny Pomanto sebagai Calon Wali Kota

 

MAKASSAR, EDUNEWS.ID-Majelis Hakim Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTTUN) Makassar menerima gugatan sengketa Pilkada yang diajukan oleh pasangan Munafri Arifuddin-Rachmatika Dewi.

“Mengadili, satu mengabulkan gugatan penggugat untuk seluruhnya,” ujar ketua majelis hakim, Edi Suprianto, Rabu (20/3/2018).

Selain mengabulkan seluruh gugatan penggugat, majelis juga menyatakan membatalkan keputusan KPU Makasaar tentang penetapan pasangan calon Wali-Wakil Wali Kota Makassar.

Majelis juga memerintahkan penggugat untuk mencabut keputusan KPU Makasaar tentang penetapan pasangan calon Wali-Wakil Wali Kota Makassar.

Sementara itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Makassar bersiap mengajukan langkah hukum lanjutan berupa kasasi ke Mahkamah Agung (MA).

Hal ini dilakukan lantaran tidak menerima keputusan Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTTUN) yang menerima gugatan Pilkada Munafri Arifuddin-Rachmatika Dewi.

“Keputusan hakim tidak obyektif. Keterangan saksi fakta tidak bisa membuktikan adanya pelanggaran,” tegas kuasa hukum KPU Makassar, Marhumah Majid.

pihaknya, kata Marhumah segera melawan, lantaran keputusan tersebut belum final dan tidak mengikat.

“Masih ada upaya hukum selanjutnya berupa kasasi ditingkat Mahkamah Agung (MA),” tukasnya optimis.

To Top