News

HOAKS! Informasi Kemendagri Terkait Pemekaran Sejumlah Daerah

JAKARTA, EDUNEWS.ID-Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dengan sebuah informasi yang beredar luas di media sosial. Isinya seputar pemekaran sejumlah daerah. Narasi hoaks yang sengaja disebarkan itu mengatakan, Kementerian Dalam Negeri mengeluarkan rilis pers terkait pemekaran sejumlah daerah.

Adapun isu pemekaran beberapa daerah itu terdapat daftar 57 calon Kabupaten, dan 8 calon Provinsi baru yang akan dimekarkan. Setelah ditelusuri, Plt Karo Humas Kementerian Kominfo Ferdinandus Setu mengatakan, kabar tersebut telah dibantah oleh Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri, Bahtiar.

“Kabar yang menyebutkan akan adanya pemekaran sejumlah Kabupaten dan Provinsi yang baru itu hoaks, tidak benar sama sekali,” kata Ferdinandus di Jakarta, Ahad (23/6/2019),dilansir dari kominfo.go.id

Berdasarkan keterangan dari Bahtiar, Ferdinandus menegaskan bahwa, Kemendagri tidak pernah mengeluarkan rilis seperti yang beredar tersebut.

“Jadi, Kemendagri tak pernah membuat rilis pers itu yaa. Dia (Bahtiar) mengecam salah satu portal berita online yang membuat berita bohong (hoaks) itu,” ujarnya.

To Top