Hukum

DPD Lipan Kaltim Resmi Laporkan 2 Kasus ke Kejati Kaltim

EDUNEWS.ID – Ketua pengembangan Organisasi (PO) DPP Lipan Indonesia Harry Goa menggelar rapat evaluasi kinerja DPP Lipan Indonesia untuk semester Dua tahun 2022 di Kabupaten Soppeng Sulawesi Selatan (SulSel).

Ia menyampaikan kunjungannya ke Kalimantan Timur. Ia membantu mengusut dua persoalan yaitu, kasus yayasan pendidikan Latimojong Tenggarong Kutai Kerta Negara dan Desa Mawai Indah Kecamatan Batu Ampar Kabupaten Kutai Timur.

DPD Lipan Kaltim resmi melaporkan pengaduan lembaga ke Kejaksaan Tinggi Kalimantan Timur.

“Dalam rapat evaluasi bahwa kasus untuk yayasan pendidikan Latimojong terkait bantuan dana Hibah yang menggunakan dana APBD tahun 2017, diduga ada unsur yang tidak sesuai aturan terutama dalam proses pemberian validasi / mal Administrasi untuk mendapatkan bantuan dana hibah kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur. Bahkan ada beberapa temuan kami bahwa bangunan gedung ruang kuliah tersebut dari hasil evaluasi kami diduga telah terjadi Mark Up sementara bangunan belum tuntas 100 persen,” katanya.

Ia menjelaskan sejumlah kasus tersebut. “Begitupun di Desa Mawai Indah Kecamatan Batu Ampar Kabupaten Kutai Timur (Kutim) kami menduga adanya unsur Mark Up dalam penggunaan anggaran Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) dalam membangun Infrastruktur seperti jalan beton, drainase, batas desa, dll. Kedua kasus tersebut sudah dilaporkan oleh pengurus DPD LIPAN KALTIM sebagai bentuk pengaduan,” ujar Harry Goa.

Ia pun berharap kasus tersebut tuntas. “Sepenuhnya sudah diserahkan kepada pihak Kejaksaan Tinggi kaltim untuk tahap penyidikan selanjutnya. Intinya tugas kami hanya menindak lanjuti apa yang menjadi laporan pengaduan masyarakat dan mengawal laporan kami di kejaksaan tinggi. Kami berharap kepada semua teman teman lipan di Kalimantan timur aktif mengawal kedua kasus tersebut sesuai kesepakatan kita bersama bahwa optimis siap melaporkan dugaan tindak pidana korupsi dan bekerja jangan setengah-setengah atau ragu demi masa depan Kalimantan Timur,” Imbuhnya

“Sekali lagi saya perintahkan kepada teman teman DPD Lipan Kalimantan Timur agar kawal kasus ini sampai tuntas,” tegas Harry Goa.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top