Hukum

Presiden Tunjuk Harjono jadi Ketua Pansel Hakim MK

 
 
JAKARTA, EDUNEWS.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah membentuk panitia seleksi (Pansel) calon hakim Mahkamah Konstitusi (MK) untuk mencari pengganti Hakim MK Maria Farida Indrati yang akan segera berakhir pada Agustus 2018 ini.
Pembentukan tersebut sesuai dengan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 71/P Tahun 2018 tanggal 16 April 2018 tentang Pembentukan Panitia Seleksi Calon Hakim Konstitusi. Pansel MK tersebut diharapkan bisa memilih calon hakim konstitusi pengganti secara transparan, partisipatif, objektif, dan akuntabel.
Berdasarkan Keppres tersebut ada enam orang yang diajukan oleh Presiden Jokowi diantaranya Dr Harjono, SH sebagai Ketua merangkap Anggota, Dr Maruarar Siahaan, Sukma Violetta, Dr Zainal Arifin Mochtar SH, Dr Mas Achmad Santosa (sebagai Anggota) dan Dr Cecep Sutiawan sebagai Sekretaris.
Sementara itu, Ketua Panitia Seleksi Mahkamah Konstitusi Harjono mengatakan bahwa pihaknya akan segera membuka pendaftaran calon hakim MK selama satu bulan penuh pada bulan Mei 2018.

To Top