News

Hutan Dunia Kian Memburuk

 

 

YOGYAKARTA, EDUNEWS.ID – Kondisi hutan dunia, termasuk Indonesia, semakin memburuk dengan jumlah luasan hutan yang terus menurun dari tahun ke tahun.

Pakar Politik dan Kebijakan Kehutanan UGM, Ahmad Maryudi, mengatakan kondisi hutan dunia terus memburuk walaupun telah ada rezim kehutanan internasional yang mengatur mekanisme pengelolaan hutan dari level global dan nasional.

“Meski ada banyak ragam aturan dan mekanisme berkenan dengan pengelolaan hutan, faktanya hutan tidak berada dalam kondisi yang semakin membaik,” kata Ahmad di Departemen Manajemen Hutan Fakultas Kehutanan UGM, Kamis (22/3/2018) sore.

Maryudi menyebutkan deforestasi terus saja terjadi. Bahkan, sebanyak 10–13 juta hektare hutan dunia hilang setiap tahunnya. “Belum lagi hutan yang terdegradasi, jumlahnya jauh lebih banyak,” jelas Guru Besar Fakultas Kehutanan UGM ini.

Hal serupa juga terjadi di Indonesia. Deforestasi dan degradasi menyebabkan luasan lahan hutan Indonesia semakin berkurang. “Deforestasi dan degradasi hutan terparah terjadi selama rentang waktu 2000–2005. Setidaknya 1,8 juta hektare hutan hilang setiap tahun,” jelasnya.

To Top