Internasional

Indonesia Waspada! Kasus Covid di Korsel Melonjak

JAKARTA, EDUNEWS.ID- Laju penyebaran infeksi Covid-19 semakin meningkat di Korea Selatan (Korsel). Hal ini membuat pemerintah Negeri Ginseng meminta warganya untuk mengambi dosis vaksin Covid penguat untuk mengekang penyebaran infeksi.

Melansir cnbcindonesia.com, data dari John Hopkins Rabu, (10/11/2021), rata-rata mingguan infeksi di negara itu menembus 2.176 kasus perhari dalam sepekan. Ini merupakan kenaikan tajam bila dibandingkan dengan pertengahan Oktober lalu di mana rata-rata mingguan hanya berada di kisaran 1.357 kasus perhari dalam sepekan.

Dengan jumlah ini, Korsel telah mencatatkan sekitar 388 ribu kasus Covid yang diiringi 3.083 kematian sejak pandemi melanda. Son Young-rae, seorang pejabat senior kementerian kesehatan, mengatakan pada konferensi pers bahwa peningkatan ini terjadi terutama di antara yang tidak divaksinasi.

“Tapi itu terus meningkat dalam beberapa minggu terakhir, dipimpin oleh orang tua, karena perlindungan vaksin berkurang dari waktu ke waktu dan sistem kekebalan kelompok yang lebih lemah membuat mereka lebih rentan terhadap infeksi,” ujarnya kepada Reuters, Jumat (12/11/2021).

Meski begitu, Son menjabarkan bahwa kondisi fasilitas kesehatan masih memiliki kapasitas yang cukup dalam menangani pasien. Ia mengatakan bahwa Korsel masih memiliki sekitar 500 ruang ICU.

Korsel sendiri telah menginokulasi 640,232 orang dengan suntikan booster sejak program tersebut dimulai bulan lalu. Program ini menggunakan vaksin Covid besutan Pfizer dan Moderna.

Sementara itu, Negeri K-Pop ini juga memulai pelonggaran pembatasan Covid-19 secara bertahap bulan ini menyusul angka vaksinasinya yang telah mencakup 77% dari penduduk. (int/cnbc)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top