Internasional

23 Diplomat Rusia Diusir Inggris

 

 

LONDON, EDUNEWS.ID – Inggris akan mengusir 23 diplomat Russia dalam menanggapi serangan racun saraf terhadap mantan mata-mata ganda Russia, Sergei Skripal, di Inggris selatan.

Demikian pernyataan Perdana Menteri Theresa May pada Rabu (14/3/2018) sembari menambahkan bahwa itu adalah pengusiran tunggal terbesar selama 30 tahun. “Tanggapan mereka menunjukkan penghinaan total terhadap kejadian berat ini,” demikian kata PM May dalam sebuah pernyataan di parlemen.

PM May mengatakan pengusiran 23 diplomat tersebut, yang diidentifikasi sebagai petugas intelijen yang tidak disebutkan, akan menurunkan kemampuan intelijen Russia di Inggris selama bertahun-tahun yang akan datang. Ia juga mengatakan bahwa usulan legislatif baru akan segera dikembangkan untuk menghadapi ancaman dari negara yang bermusuhan.

PM May juga mengatakan Inggris akan membatalkan undangan kepada Menteri Luar Negeri Russia Sergei Lavrov untuk mengunjungi negara tersebut dan menunda semua hubungan bilateral tingkat tinggi yang direncanakan antara London dan Moskwa.

To Top