Internasional

Aksi George Floyd di New York, Polisi Berlutut Dihadapan Demonstran

JAKARTA, EDUNEWS.ID – aparat kepolisian New York (NYPD), Amerika Serikat justru berlutut di hadapan demonstran atas kematian George Floyd.

Aksi yang terjadi pada Minggu (31/5/2020) kemarin pun direkam oleh salah satu peserta demo. Dalam video, terdengar sejumlah demonstran terkejut dengan ‘aksi berlutut’ polisi ini.

“Saya benar-benar tidak menyangka. Saya tak pernah melihat ini sebelumnya,” kata Abraham mengutip dari CNN, Senin (1/6/2020).

Anggota Kepolisian New York saat itu berada di dekat aksi yang diadakan di komunitas Jamaika di Queens. Seorang pendeta mengundang petugas untuk datang ke lingkaran pengunjuk rasa dan berlutut bersama mereka.

Bersamaan dengan aksi berlutut para polisi, para demonstran pun bersorak dan kembali mengingatkan warga kulit hitam lain yang juga senasib dengan Floyd termasuk Trayvon Martin dan Ahmaud Arbery.

Sebelumnya, pemandangan serupa pun terlihat di Florida. Beberapa petugas polisi berlutut dan berdoa bersama para demonstran di depan Coral Gables City Hall.

Sementara itu di Michigan, Kepala Kepolisian Genesee Chris Swanson berjalan bersama demonstran setelah mereka meneriakkan “Berjalanlah bersama kami!”.

“Ayo, ayo! Ke mana kalian ingin berjalan? Kita akan berjalan sepanjang malam,” ucap Swanson.

Di tengah aksi protes bernuansa kekerasan dan penjarahan di berbagai wilayah AS, aksi di New York terbilang damai. Menurut Abraham, sepanjang dirinya aktif dalam berbagai gerakan bersama The BlaQue Resource Network, dirinya tidak pernah melihat polisi melakukan hal ini.

Baginya, ini pertanda bagus. Namun lebih dari itu, yang dicari demonstran adalah aksi nyata.

“Saya akan lebih terkesan ketika kita tidak diinjak dan ditembak mati. Itulah momen yang saya cari,” ujarnya.

cnn

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com