Internasional

Bawaslu RI Pantau Pilkada Meksiko

Gedung Bawaslu RI/ILUSTRASI.

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Badan Pengawas Pemilu atau Bawaslu RI menjadi pemantau internasional dalam pemilihan federal paruh waktu Meksiko 2021 pada 6 juni 2021.

Pemilihan ini menjadi pemilu terbesar dalam sejarah Meksiko karena akan memilih seluruh kepala daerah (gubernur, wali kota, bupati), anggota DPR, dan anggota DPRD provinsi dan kabupaten/kota.

“Selain menjadi pemantau, Bawaslu juga ikut memberikan masukkan perihal pengalaman dalam melakukan pengawasan pemilu dalam situasi pandemi,” ujar anggota Bawaslu, Fritz Siregar, dalam keterangannya, Jumat, 4 Juni 2021.

Fritz mengatakan, pihaknya membagikan pengalaman terkait penyelesaian proses sengketa pemilu yang dilaksanakan dengan online. Ia pun berharap Meksiko juga dapat melaksanakan hal serupa dengan baik.

Lembaga pengawas pemilu Meksiko, The Electoral Tribunal of the Federal Judicial Power (TEPFJ) memiliki tugas serupa dengan Bawaslu, yaitu menjaga keadilan pemilu melalui proses pengawasan, adjudikasi, dan menyelesaikan sengketa proses pemilu.

Bedanya, TEPFJ memiliki kewenangan yang lebih besar dari Bawaslu karena dapat melakukan pembatalan suara serta melakukan judicial review terhadap peraturan National Electoral Institute (INE).

Ketua Justice of the High Chamber TEPJF José Luis Vargas mengatakan, kelembagaan elektoral Meksiko dalam tiga dekade terus berkembang pesat, khususnya dalam hal profesionalitas, spesialisasi, dan otoritas pemilu. “Karena itu, proses pemilu federal Meksiko bisa menjadi wadah belajar bagi negara demokrasi, khususnya dalam hal sifat, fungsi, dan tantangan TEPJF saat ini,” tutur Jose.

Pemilu tahun ini juga menjadi yang pertama bagi masyarakat Meksiko yang tinggal di luar negeri untuk dapat memilih secara online. Total ada 101 ribu kandidat yang akan memperebutkan 20 ribu kursi kepala daerah dan anggota legislatif. Dengan 94 juta jumlah pemilih terdaftar dan 164 ribu TPS yang tersebar di 24 negara bagian diharapkan pemilu berjalan sukses dan terbebas dari pandemi Covid-19.

 

 

tmp

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com