Internasional

Belum Selesai Covid-19, India Kini Diancam Wabah ‘Jamur Putih’

ilustrasi.

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Belakangan, India mengidentifikasi lima kasus baru infeksi jamur putih. Di tengah wabah ‘jamur hitam’ yang angkanya terus meningkat hingga melebihi 1.500 kasus, infeksi jamur putih diwaspadai memicu kondisi fatal pada sebagian orang.

Dikutip dari Times of India, seperti infeksi lainnya, penyakit jamur putih menyerang orang dengan kekebalan atau sistem imunitas tubuh yang rendah. Risiko tersebut tentu bisa menimpa pasien Corona dan penyintas COVID-19.

Begitu juga dengan pengidap diabetes, kanker, dan penyakit penyerta lainnya, yang membutuhkan penggunaan steroid terus menerus, ada risiko lebih mudah terinfeksi hingga fatal. Laporan baru juga menunjukkan wanita dan anak-anak sangat rentan terhadap infeksi jamur putih.

Dokter mewanti-wanti, jamur putih bisa menyebar ketika seseorang bersentuhan dengan permukaan yang tidak bersih. Khususnya, pasien yang membutuhkan bantuan oksigen dalam waktu lama, sumber air yang terkontaminasi dalam tabung oksigen bisa menjadi media penularan.

Penggunaan air tanpa filter atau keran pada humidifier penggunaan tabung oksigen dapat membuat pasien mudah terkena jamur putih. Dokter mendesak perhatian khusus harus difokuskan pada sanitasi dan kebersihan saat banyak penyakit mewabah.

Kebanyakan orang yang terdeteksi dengan infeksi jamur putih menunjukkan gejala pernapasan mirip dengan COVID-19, tetapi seluruh pasien yang terinfeksi jamur putih dinyatakan negatif SARS-CoV-2. Pendapat para ahli menunjukkan bahwa melakukan rontgen atau CT scan, X-ray, dapat secara akurat memprediksi seberapa parah penyakit ini, dan bagaimana organ vital pasien dapat terpengaruh.

Gejala penyakit juga bisa muncul mirip dengan infeksi jamur hitam pada sebagian kasus. Namun, bagi mereka yang mengidap infeksi parah, ketika jamur menyebar ke paru-paru, gejalanya lebih rumit.

Meskipun tidak ada cukup informasi yang tersedia tentang jamur putih, kebanyakan dokter mengidentifikasi gejala jamur putih, banyak mempengaruhi dada dan paru-paru. Berikut gejala yang banyak dikeluhkan.

 

 

rpl

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com