Internasional

Menkopolhukam : Indonesia tak Ingin Terlibat Konflik Laut Cina Selatan

 
 
JAKARTA, EDUNEWS.ID – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto menyebut Indonesia tidak ingin terlibat konflik di Laut Cina Selatan. Indonesia justru mendorong semua negara agar tidak menyulut terjadinya suatu konflik di Laut Cina Selatan.
“Indonesia juga tidak mau terlibat urusan konflik di Laut Cina Selatan,” katanya di sela penyelenggaraan KTT Ke-32 ASEAN di Singapura, Sabtu (29/4/2018).
Jika ada negara lain mengklaim memiliki konflik dengan Indonesia terkait dengan Laut Cina Selatan, Wiranto menegaskan Indonesia tidak memiliki konflik di kawasan itu. “Saya katakan tidak ada konflik. Tidak ada permasalahan soal batas negara antara kita dengan negara lain,” katanya.
Menurut dia, semangat tak ingin berkonflik itulah yang terus harus dijaga agar kawasan Laut Cina Selatan tetap aman dan damai. Indonesia juga berharap seluruh pihak yang memiliki kepentingan langsung dengan Laut Cina Selatan agar tetap mematuhi Code of Conduct (CoC) yang disusun untuk memelihara perdamaian di kawasan meski belum sepenuhnya disepakati.
“Indonesia terus-menerus mendorong disepakatinya CoC dalam setiap pertemuan termasuk saat pertemuan ASEAN atau saat pertemuan bilateral antara Indonesia dengan negara-negara yang terlibat selalu kita katakan bahwa Indonesia mendorong ke arah itu,” katanya.
Wiranto mengatakan persoalan di Laut Cina Selatan fokus pada penyelesaian dispute dan mengarahkan kawasan pada perdamaian. “Bagaimana ada perdamaian kalau dispute masih ada, maka dispute itu diselesaikan kemudian hasilnya ada perdamaian,” katanya.
Wiranto optimistis setiap negara tidak menghendaki konflik yang terus-menerus karena akan merugikan negara-negara lain. Oleh karena itu, dengan pendekatan-pendekatan yang mengedepankan dialog, termasuk pendekatan bilateral, ia optimistis persoalan di Laut Cina Selatan dapat terselesaikan.

Kerjasama dan Mitra silakan menghubungi 085171117123

ALAMAT

  • Branch Office : Gedung Graha Pena Lt 5 – Regus – 520 Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Pampang, Makassar Sulawesi Selatan 90234
  • Head Office : Plaza Aminta Lt 5 – Blackvox – 504 Jl. TB Simatupang Kav. 10 RT.6/14 Pondok Pinang Kebayoran Lama, Jakarta Selatan 12310. Telepon : 0411 366 2154 – 0851-71117-123

 

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com