Internasional

Setelah Singapura, Kini Australia akan Perlakukan Covid-19 sama Seperti Flu Biasa

Ilustrasi.

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Pemerintah Australia sedang menyiapkan empat langkah hidup berdampingan dengan virus covid-19. Virus ini akan diperlakukan sama dengan virus flu.

Perdana Menteri Scott Morrison menyatakan empat langkah tersebut bertujuan agar Australia mulai memperlakukan covid-19 seperti flu biasa.

Namun bukan berarti pemerintah bakal lengah. Dikutip dari kantor berita ABC, pemerintah bakal mengalihkan fokus dalam penanganan covid-19. Saat ini pemerintah berfokus mengumumkan jumlah kasus serta tingkat rawat inap dan kematian.

Ada empat fase yang diterapkan. Fase pertama adalah menggenjot program vaksinasi, sehingga bila ditemukan kasus baru tak perlu dilakukan lockdown. Semua pihak pun diharapkan ikut mengendalikan, menahan dan menekan penyebaran covid-19.

 

Pemerintah juga memutuskan mengurangi jumlah kedatangan internasional menjadi hanya 3.085 orang per minggu. Pendatang yang sudah divaksin juga hanya menjalani karantina di rumah selama 7 hari.

Selain itu mengembangkan teknologi digital untuk memverifikasi status vaksinasi seseorang. Morrison mengatakan lockdown adalah upaya terakhir yang akan dilakukan.

Pada fase kedua, pemerintah tak lagi berfokus pada jumlah kasus. Morrison menjelaskan pada fase ke-2, pemerintah akan mengubah fokus penanganan COVID dari mencegah dan menekan penularan menjadi mengurangi kematian, sakit parah dan perawatan orang yang terkena virus.

Kebijakan selama fase kedua adalah melonggarkan pembatasan sosial, menerapkan lockdown dalam situasi yang benar-benar darurat, meningkatkan jumlah kedatangan internasional termasuk mereka yang sudah divaksinasi, membuka pintu lagi bagi mahasiswa asing dan pemegang visa ekonomi, menerapkan aturan karantina yang baru.

Di fase kedua ini, orang yang telah divaksinasi diyakini tidak akan sakit parah meski terkena covid-19.

Fase selanjutnya adalah tak ada lagi kata lockdown. Morrison mengatakan Australia akan memperlakukan Covid-19 sama seperti memperlakukan flu musiman.

Selain itu vaksinasi dipercepat, kuota jumlah kedatangan internasional dihapus,
orang yang telah divaksinasi diizinkan meninggalkan Australia dan membuka pintu bagi negara lain.

Fase terakhir adalah kembali ke masa normal. Pada fase ke-4 ini menurut Morrison sudah kembali normal meski masih ada sisa-sisa pandemi. Untuk mencapai tahap ini tergantung pada kesiapan warga untuk divaksinasi.

tmp

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top