News

Israel Tutup Akses Barang ke Jalur Gaza

YERUSALEM, EDUNEWS.ID – Pihak berwenang Israel mengumumkan pihaknya akan menutup akses penyeberangan untuk barang-barang dengan Jalur Gaza, Senin (10/8/2020) waktu setempat. Hal itu dilakukan setelah milisi di wilayah yang dikelola Hamas menembakkan roket ke Mediterania dan meluncurkan balon pembakar ke arah negara Yahudi itu.

“Penyeberangan Kerem Shalom akan ditutup untuk semua lalu lintas kecuali peralatan kemanusiaan dan bahan bakar mulai Selasa,” kata unit kementerian pertahanan yang mengawasi penyebrangan, COGAT dalam sebuah pernyataan dilansir laman Channel News Asia, Selasa (11/8/2020).

“Tindakan itu dilakukan sebagai tanggapan atas berlanjutnya peluncuran balon pembakar dari Gaza,” tutur pernyataan tersebut menambahkan.

Pada Senin malam waktu setempat, satu sumber Israel mengatakan, beberapa balon pembakar telah mendarat di daerah Israel selatan. Meski demikian, tidak ada korban dalam pendaratan tersebut.

Bahan peledak yang diikat ke balon dan layang-layang pertama kali muncul sebagai senjata di Gaza selama protes intens pada 2018. Perangkat itu melintasi perbatasan setiap hari, menyebabkan ribuan kebakaran di pertanian dan komunitas Israel.

Dalam sepekan terakhir, balon semacam itu telah diluncurkan tiga kali dari Gaza ke Israel yang memicu serangan balasan terhadap markas Hamas. Sumber keamanan dan saksi mata Palestina mengatakan, Hamas juga menembakkan beberapa roket ke laut pada Senin setelah baku tembak berulang kali dengan Israel dalam beberapa hari terakhir.

“Roket itu adalah “pesan” bagi Israel untuk memberi tahu bahwa kelompok bersenjata di Gaza tidak akan tinggal diam dalam menghadapi blokade dan “agresi” Israel,” ujar sumber yang dekat dengan Hamas yang tidak ingin jati dirinya disebutkan.

Hamas dan Israel telah berperang tiga kali sejak 2008. Terlepas dari gencatan senjata tahun lalu, yang didukung oleh PBB, Mesir dan Qatar, kedua belah pihak bentrok secara sporadis dengan roket, tembakan mortir atau balon pembakar. Analis Palestina mengatakan tembakan dari Gaza sering bertujuan untuk menekan Israel agar memberi lampu hijau untuk transfer bantuan keuangan Qatar ke jalur itu.

Baca Juga :   Dititipkan Jokowi Jadi Menteri di Kabinet Prabowo, Pratikno Bantah!

 

 

rpl

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dan Mitra silakan menghubungi 085171117123

ALAMAT

  • Branch Office : Gedung Graha Pena Lt 5 – Regus – 520 Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Pampang, Makassar Sulawesi Selatan 90234
  • Head Office : Plaza Aminta Lt 5 – Blackvox – 504 Jl. TB Simatupang Kav. 10 RT.6/14 Pondok Pinang Kebayoran Lama, Jakarta Selatan 12310. Telepon : 0411 366 2154 – 0851-71117-123

 

Copyright © 2016 @edunews.id

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com