Nasional

JoMan Dukung Ganjar Maju Pilpres 2024, Pendukung Jokowi Pecah ?

Presiden RI, Jokowi

JAKARTA, EDUNEWS.ID-Salah satu kelompok relawan Jokowi, yakni Jokowi Mania atau JoMan menyatakan dukungan ke Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, untuk maju sebagai capres 2024.

Persoalan arah dukungan para relawan untuk Pilpres 2024 ini sempat disinggung Jokowi dalam Rapat Pimpinan Nasional Relawan Seknas Jokowi pada Juni 2021. Jokowi saat itu bicara soal relawan yang seksi dan mulai ditarik para bakal capres 2024.

“Saya tahu relawan Jokowi termasuk Seknas Jokowi ini seksi, seksi. Pasti akan ditarik-tarik kesana kemarin oleh para calon yang ingin maju pada pemilihan presiden 2024, akan menjadi rebutan banyak pihak untuk didekati,” kata Jokowi, dikutip dari detikcom.

Jokowi mengaku mendapat banyak pertanyaan dari para relawannya soal arah dukungan di Pilpres 2024. Namun, dia meminta para relawannya untuk bersabar.

“Beberapa minggu terakhir ini saya banyak ditanya oleh relawan, oleh relawan Jokowi di mana-mana. Mereka bertanya kepada saya, ‘Pak, apa arahan Bapak kepada kami menghadapi Pilpres 2024’. Kemudian bertanya lagi, ‘Apa yang harus kita lakukan’, pertanyaan berikut, ‘Masa kita diam saja, Pak’,” kata Jokowi.

“Di kesempatan yang baik ini, ingin saya sampaikan sabar, sabar dulu. Tidak usah tergesa-gesa, nggak usah tergesa-gesa, nggak usah grusa-grusu,” ujar Jokowi.

Dia menilai para bakal capres 2024 mencoba menarik relawannya karena terbukti sukses membantu memenangkan dua kali Pilpres, yakni Pilpres 2014 dan Pilpres 2019. Jokowi mengatakan dia bakal mengarahkan ke mana kapal besar relawannya berlabuh di Pilpres 2024.

“Oleh sebab itu, saya menyarankan kepada para relawan untuk mengamati dulu, jangan tergesa-gesa, ojo kesusu. Mari kita pelajari bersama-sama konstelasi politik, kita pelajari bersama-sama peta politiknya dengan baik,” ujar Jokowi.

“Saya melihat masih ada waktu yang cukup untuk melakukan itu semuanya. Nanti pada saatnya saya akan berbicara, saya akan menyampaikan ke mana kapal besar Relawan Jokowi ini akan kemudinya kita arahkan dan untuk saat ini saya mengajak sekali lagi para relawan semuanya, untuk fokus membantu pemerintah dalam mengatasi pandemi COVID,” sambung Jokowi.

JoMan Labuhkan Dukungan ke Ganjar

Tiga bulan berselang, kapal besar relawan Jokowi pecah. Salah satu kelompok relawan Jokowi, JoMan, mendeklarasikan diri mendukung Ganjar Pranowo maju Pilpres 2024. JoMan menilai Ganjar memiliki potensi besar menjadi Jokowi berikutnya.

“Akar rumput memang menghendaki Ganjar jadi The Next Jokowi. GP (Ganjar Pranowo) punya potensi besar untuk jadi presiden,” kata Ketua Jokowi Mania (JoMan), Immanuel Ebenezer, dalam keterangannya kepada wartawan, Kamis (16/9/2021).

Baca Juga :   Ini Alasan NasDem Jakarta Dukung Ahmad Sahroni Jadi Cagub!

JoMan menyatakan dukungan terhadap Ganjar diberikan karena Ganjar dianggap berprestasi dan berpengalaman. Ganjar juga dinilai mirip dengan Jokowi yang dekat dengan akar rumput.

“Surveinya juga sangat bagus. Kita bisa lihat berbagai survey yang menjagokan dia, Ganjar selalu masuk 2 besar ,” ucap pria yang akrab disapa Noel itu.

Noel mengklaim pihaknya bakal menggelar berbagai aktivitas untuk menaikkan popularitas Ganjar. Dia memastikan akan memperkuat elektoral Ganjar dengan kinerja akar rumput.

“Kita akan menggelar berbagai aktivitas agar Ganjar terkerek elektabilitasnya. Sehingga tidak tertandingi oleh bakal capres lain,” ujar Noel.

“Yang penting elektoral kuat dulu melalui kerja kerja akar rumput. Setelah itu, bangun komunikasi dengan partai politik. Kalau electoral kuat, partai akan bersaing merebut Ganjar tentu semua seizin restu Ketua Umum PDI Perjuangan,” ujarnya.

Noel juga membeberkan alasan lain JoMan menjatuhkan dukungan ke Ganjar. Dia menilai Ganjar sosok yang tepat melanjutkan kepemimpinan Jokowi.

“Alasan yang prinsipil dan substansial adalah kita butuh sosok yang bisa menjaga legacy Presiden Jokowi ke depan nanti 2024. Karena banyak program program Jokowi yang menurut kita di periode kedua ini kurang maksimal, dan yang kita khawatirkan nanti program program itu terkendala karena ada kepemimpinan baru yang tidak paham tentang nawacita itu sendiri,” ucapnya.

Noel pun membantah jika JoMan melawan arahan Presiden Jokowi soal ke mana kapal relawan Jokowi akan berlabuh. Menurutnya pilihan mendukung Ganjar berdasarkan hati nurani.

“Iya soal arahan Presiden, Presiden punya hak untuk mengarahkan tapi kan kita juga punya hak secara konstitusi memilih pemimpin kita, karena ini berkaitan dengan pilihan pilihan masa depan bangsa ini, yang nggak mungkin bisa diintervensi. Karena harus dipahami juga ketika kita memilih Jokowi tanpa arahan kok, arahan kita ya nurani kita, pilihan nurani, apa lagi relawan itu tidak partisan, kayak saya tidak berpartai,” ujarnya.

Dia mengaku optimistis dengan pilihannya terhadap Ganjar di Pilpres 2024. Bahkan menurutnya Ganjar bisa disandingkan dengan Prabowo Subianto.

“Ya nggak apa, kalau seandainya misalnya Ganjar dengan Prabowo, atau Mas Ganjar dengan Erick Thohir, atau dengan dari TNI Mas Andhika. Semua anak bangsa di republik ini punya potensi memimpin bangsa ini. Karena untuk menuju 2024 nanti kita punya patriot bangsa yang luar biasa,” tuturnya.

sumber : detikcom

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com