Nasional

Kabar Terbaru dari WHO soal Covid-19

JAKARTA, EDUNEWS.ID-Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memberi kabar melegakan. Kepala WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan fase akut pandemi bisa berakhir pertengahan tahun 2022 ini.

“Harapan kami fase akut pandemi ini akan berakhir tahun ini,” tegasnya kepada wartawan di Afrika Selatan (Afsel) akhir pekan kemarin.

Namun, tambahnya, hal ini bisa dilakukan dengan satu syarat. Di mana target vaksinasi WHO tahun ini tercapai yakni 70%.

“Tentunya dengan satu syarat, vaksinasi 70% (tercapai) pada pertengahan tahun ini sekitar Juni, Juli,” tambahnya.

“Jika itu dilakukan, fase akut bisa benar-benar berakhir, dan itulah yang kami harapkan.”

Mengutip Worldometers Senin (14/2/2022), sejak pandemi mewabah 412.016.857 warga dunia sudah terinfeksi. Tercatat 5.833.500 kematian.

Meski begitu 332.274.981 sembuh. Amerika Serikat (AS), India, Brasil, Prancis dan Inggris menjadi lima negara dengan kasus terbanyak.

Pernyataan optimis Tedros ini bukan yang pertama. Awal 2022, ia rempat berujar yakin status darurat kesehatan masyarakat bisa dicabut tahun ini.

Selain vaksin Covid-19, ia meminta agar pasokan alat tes corona hingga perawatan pasien diberikan secara adil. Menurutnya, tidak ada satupun negara yang bisa ‘bebas’ dari Covid-19, jika masih ada negara lain yang kesulitan untuk mengatasi lonjakan kasus dan risiko kematian yang tinggi di tengah keterbatasan fasilitas.

Vaksinasi Covid-19 kini masih jadi persoalan, di mana ada kesenjangan antara negara miskin dan kaya. Afrika misalnya, masih menjadi benua dengan cakupan vaksin Covid-19 terendah, yakni baru 11% dari total populasi.

sumber : cnbcindonesia

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top