Internasional

Kasus Melonjak, China kembali Berlakukan Lockdown

Kasus Melonjak, China kembali Berlakukan Lockdown

CHINA, EDUNEWS.ID-China kembali memberlakukan kebijakan tinggal di rumah alias lockdown terhadap jutaan orang lagi di Kota Jilin, di kawasan timur laut negara itu, untuk memerangi lonjakan Covid-19.

Diketahui, pandemi di Negeri Tirai Bambu ini sebagian besar telah mereda usai kebijakan lockdown, tes massal, dan pembatasan perjalanan.

Namun, Virus Corona varian Omicron kembali memicu lonjakan kasus dalam beberapa bulan terakhir di sejumlah kota. Pada Sabtu (19/3), China mencatat dua kasus kematian pertamanya akibat Covid-19 dalam lebih dari setahun terakhir.

Kebijakan lockdown terbaru itu akan diberlakukan terhadap 4,5 juta penduduk Jilin, kota terbesar kedua di provinsi Jilin, selama tiga hari mulai Senin (21/3) malam.

Lebih dari 4.000 infeksi baru dilaporkan di seluruh China pada hari Minggu – dengan dua pertiga di provinsi Jilin, yang berbatasan dengan Rusia dan Korea Utara.

Changchun, ibu kota provinsi Jilin, mengatakan pada Sabtu bahwa pihaknya juga akan memperketat pembatasan selama tiga hari.

Sejak 11 Maret, sembilan juta orang Changchun hanya diizinkan keluar setiap dua hari sekali untuk membeli makanan.

Langkah-langkah baru ini berarti hanya tenaga medis yang akan diizinkan meninggalkan rumah mereka.

Provinsi Jilin sendiri telah membangun delapan rumah sakit sementara dan dua pusat karantina.

Namun demikian, pelonggaran mobilitas justru diterapkan di kota pusat teknologi, Shenzhen, usai me-lockdown 17,5 juta penduduknya sepekan sebelumnya.

Otoritas kesehatan setempat menyebut transportasi umum akan kembali beroperasi penuh mulai Senin (21/3), di samping beberapa kegiatan administrasi dan bisnis.

Namun, pusat bisnis yang tidak esensial akan tetap ditutup. Selain itu, kawasan bisnis di pusat kota Futian juga masih dibatasi secara ketat

sumber : cnn

Baca Juga :   Kemenkopolhukam Bentuk Tim Khusus Tangani TPPO Mahasiswa di Jerman
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com