DAERAH

Kemensos akan Hadirkan Dokter Psikolog di Buton

KENDARI, EDUNEWS.ID – Kementerian Sosial (Kemensos) RI memprogramkan pembukaan klinik psikolog untuk mempercepat proses pemulihan konflik sosial antar warga Desa Sampuabalo dan Desa Gunung Jaya, Kecamatan Siontapina, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra).

“Setiap konflik, kericuhan dan bentrok antar kelompok atau komunitas tertentu pasti ada pemicuh. Salah satu cara mengungkap bibit konflik di masyarakat maka Kemensos akan menghadirkan dokter psikolog,” jelas Menteri Sosial RI Agus Gumiwang Kartasasmita di Kendari, Kamis.

Rekomendasi ahli psikolog dapat menjadi rujukan pemerintah pusat, pemerintah daerah dan pihak terkait untuk memulihkan kondisi sosial masyarakat di wilayah terjadinya konflik.

“Secara kasat mata pengrusakan terjadi karena ulah seseorang atau sekelompok orang. Namun penyebab seseorang melakukan tindakan diluar kewajaran tidak boleh disimpulkan dari asumsi tetapi diperlukan keterlibatan para ahli,” paparnya.

Selain menghadirkan program klinik psikolog di daerah konflik atau daerah rawan konflik, Kemensos juga mengoptimalkan potensi kearifan lokal yang dapat meminimalisir kesenjangan kehidupan sosial antarwarga atau kelompok setempat.

Pemerintah pusat bersinergi dengan pemerintah daerah akan membangun gedung serbaguna yang diperuntukan penggunaannya bagi para pihak yang bersengketa.

“Gedung serbaguna dapat digunakan untuk kegiatan olahraga, budaya, seni, ritual dan lain lain yang positif. Harapan kita warga membaur atau hidup tanpa sekat,” ucap Agus, politisi Partai Golkar itu.

Kemensos juga berkomitmen menyalurkan bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) lebih efektif, efisien, ekonomis, transparan dan akuntabel.

Menteri Sosial dalam kunjungan kerjanya di Kota Kendari menyalurkan bantuan bagi korban bencana alam dan bencana sosial senilai Rp3,7 miliar.

Curah hujan tinggi di wilayah Sultra menyebabkan banjir di Kabupaten Konawe Utara, Konawe, Konawe Selatan, Kota Kendari, Konawe Kepulauan dan Kabupaten Buton Utara.

Baca Juga :   Tindaklanjuti Perkembangan Proyek Kereta Api, Jurnalis Kesulitan Temui Kepala BPN Makassar

Gubernur Sultra, Ali Mazi mengapresiasi program klinik psikolog di daerah bencana sosial untuk menelisik penyebab terjadinya kesalapahaman antarwarga yang berujung pada konflik.

“Bencana alam dan bencana sosial adalah duka kita semua. Tidak perlu saling mengungkit siapa salah dan siapa yang benar. Yang terpenting saat ini adalah menolong saudara-saudara kita yang mengalami kesusahan,” ujarnya.

ant

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com