News

Ketua MPR Ajak Kembalikan Kejayaan Kopi

 

 

TANGSEL, EDUNEWS.ID – Ketua MPR Zulkifli Hasan menganggap kopi menjadi bagian dari hidupnya. Sejak kecil Zulkifli sudah dekat dengan petani dan pedagang kopi di daerah asalnya Kalianda Lampung Selatan.

“Dulu di kampung saya kopi jadi alat tukar dengan komoditas lain. Jadi sejak kelas satu SD sambil keliling dagangan emak ya saya sudah interaksi itu sama petani dan pedagang kopi,” ujar Zulkifli dalam sambutannya di acara Pelantikan Dewan Kopi Indonesia di Intermark BSD, Tangerang Selatan, Ahad (11/3/2018).

Kopi Indonesia sambung Zulkifli, sudah menjadi komoditas unggul Indonesia yang menarik pedagang pedagang Eropa datang ke Indonesia. “Orang Eropa rela datang jauh jauh demi komoditas unggulan kita cengkeh, lada, pala, rempah rempah dan juga kopi. Artinya ini pengakuan kopi Indonesia itu salah satu yang terbaik,” ujarnya.

Sebagai pencinta kopi lokal, Zulkifli mengajak petani, pengambil kebijakan, pengusaha sampai eksportir untuk kembalikan masa kejayaan kopi Indonesia. Menurutnya kopi adalah keunggulan komparatif Indonesia yang tidak dimiliki negara lain.

Ketika negara lain memproteksi dan memprioritaskan produk dalam negeri, seharusnya Indonesia juga berani melakukan. “Itu cara kembalikan kejayaan kopi Indonesia di pasar dunia,” tegasnya

Zulhasan juga mengucapkan selamat untuk kepengurusan Dewan Kopi Indonesia kini diketuai mantan menteri pertanian Anton Apriyantono. “Semakin banyak yang terlibat semakin baik supaya gotong royong majukan industri kopi nasional. Selamat untuk pengurus Dewan Kopi,” tutupnya.

Hadir dalam acara tersebut Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Wakil Walikota Tangerang Selatan Benyamin Davnie dan Ketua Dewan Kopi Indonesia yang juga mantan Menteri Pertanian Anton Apriyantono.

To Top