News

Kolaborasi Abang None-TurunTangan Bantu Warga Terdampak Ekonomi Akibat Covid19

Relawan TurunTangan dan Komunitas Abang None saat membagikan bantuan kepada warga terdampak covid-19, di Jakarta, Sabtu (2/5/2020)

JAKARTA, EDUNEWS.ID-Wabah Covid-19 menjadi duka kita bersama dan membutuhkan kepedulian dari berbagai pihak. Secara tidak langsung, Covid-19 menimbulkan dampak ekonomi untuk warga terutama masyarakat kecil. Banyak kebutuhan utama mereka yang tidak tercukupi karena pendapatannya yang berkurang drastis.

Hal tersebut yang membuat Komunitas Abang None dan TurunTangan tergerak untuk membantu meringankan beban warga Jakarta.

Sabtu, 2 Mei 2020, Komunitas Abang None Jakarta Timur membagikan sejumlah bantuan berupa sembako ke tiga titik di Jakarta Timur, yaitu Pulo Gadung, Pulo Jahe, dan Pengarengan.
“Sebelumnya, tim kami sudah memetakan siapa saja penerima bantuan. Kami lebih memprioritaskan untuk warga yang belum tersentuh bantuan sama sekali. Sehingga bantuan tersebut tepat sasaran,” kata Arief, anggota Abang None sekaligus koordinator kegiatan ini, Sabtu (2/5/2020).

Berkolaborasi dengan komunitas TurunTangan, mereka mendistribusikan bantuan sembako dan tak lupa mereka berkoordinasi dengan pengurus RT dan RW setempat.

Sekitar 200 paket sembako berisi minyak, beras, sirup,dan lain-lain serta 24 box susu mereka bagikan. Donasi tersebut berasal cowdfunding Abang None dan donasi susu dari donatur TurunTangan.

Menyusuri gang-gang kecil, Abang None dan relawan turuntangan membagikan bantuan kepada warga yang membutukan.

Bu Siti, salah satu warga di Pangerangan yang menerima bantuan bercerita jika wabah Covid-19 memang sangat berdampak bagi pendapatan keluarganya.

“Semenjak ada corona, saya jadi tidak mempunyai penghasilan sama sekali karena diliburkan. Saya sangat bersyukur mendapatkan sembako, karena ini bisa untuk menyambung hidup saya,” kata wanita 57 tahun yang kini hidup sendirian itu.

Sementara itu, Relawan TurunTangan, Pebri berharap di tengah mewabahnya Covid-19, jiwa sosial dan kebersamaan untuk melawan harus terus digalakkan.

“Kita semua berharap agar pandemi ini segera berakhir, dan hal yang sekarang kita lakukan adalah mengambil peran untuk membantu warga yang terdampak,” kata Pebri. (rls/ayu)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top