News

Kondisi Abu Bakar Baasyir Makin Memprihatinkan

 

 

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Kondisi terpidana kasus terorisme Ustaz Abu Bakar Baasyir makin memprihatinkan.

Tim medis Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Gunung Sindur dan konsulen dokter Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) mendiagnosis Baasyir menderita kelainan pembuluh darah berkelanjutan (chronic venous insufiensci).

Baasyir pun diizinkan dirujuk ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta. “Permohonan izin berobat disetujui oleh Dirjenpas,” kata Kepala Subbagian Humas Ditjen Pemasyarakatan Ade Kusmanto, Rabu (28/2/2018).

Ade menambahkan, pemberian izin berobat di luar lapas itu sudah sesuai ketentuan dan prosedur yang berlaku. Sebelumnya, tim pengacara Baasyir mengajukan permohonan kepada otoritas Lapas Gunung Sindur.

Atas rekomendasi dokter lapas, permohonan diteruskan ke Kepala Kakanwil (Kakanwil) Kemenkum HAM Jawa Barat. “Selanjutnya ke Dirjenpas,” terang Ade.

Namun, Ade menyebut perawatan ke RSCM bakal dikoordinasikan dengan Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) dan Densus 88 Antiteror. Setelah itu, baru bisa dipastikan kapan agenda berobat diketahui.

“Ustaz Baasyir saat ini masih di dalam lapas. Setelah koordinasi dengan BNPT dan densus baru akan dibawa ke RSCM,” imbuh Ade.

Sementara itu, Kalapas Gunung Sindur David H. Gultom mengatakan, salah satu pertimbangan pemberian izin rujukan itu adalah karena fasilitas kesehatan di lingkungan lapas kurang lengkap.

Menurut dia, tim medis lapas tidak bisa berbuat banyak atas kondisi penyakit Baasyir. “Karena itu, dirujuk ke RSU di luar lapas yang memiliki fasilitas lebih lengkap dan memadai,” kata David.

Baca Juga :   Komisi I DPR Dorong Perpres Publisher Rights Jadi Undang-Undang

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com