Hukum

IMM Makassar Minta Ketua KPK Mundur!

Firli Bahuri, Ketua KPK. Sumber: bbc.com

MAKASSAR, EDUNEWS.ID – Elbu Bachtiar selaku Ketua Umum PC (Pimpinan Cabang) IMM (Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah) Kota Makassar menyoroti kasus dugaan pemerasan terhadap mantan Mentan (Menteri Pertanian) SYL (Syahrul Yasin Limpo).

Elbu mengaku kecewa atas penetapan Firli Bahuri selaku Ketua KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) sebagai tersangka kasus pemerasan terhadap SYL.

“Dan yang terpenting, sudah sepatutnya Firli itu kemudian mundur dari jabatan sebagai Ketua KPK,” ucap Elbu dalam keterangannya kepada edunewsid, Jumat (24/11/2023) malam.

Hal itu Elbu utarakan pasalnya fenomena ini sangat mencoreng marwah KPK sebagai lembaga yang independen.

“Ketika kondisi Ketua KPK saat ini kemudian menghancurkan integritasnya sebagai seorang Ketua lembaga pemberantasan korupsi, maka tujuan dibentuknya KPK itu kemudian tercederai,” tuturnya.

Ia bersama pihaknya sedari awal pernah melakukan demo besar-besaran atas penolakan Firli sebagai Ketua KPK. Ia pun menegaskan bahwa hari ini aspirasi yang disuarakannya telah terbukti.

“(Kami) pada saat diangkatnya Firli Bahuri sebagai Ketua KPK, itu melakukan protes besar-besaran, khususnya di Kota Makassar. Karena menganggap Firli Bahuri ini statusnya sebagai polisi aktif itu akan kehilangan independensi dalam memberantas korupsi yang ada di negara ini,” jelas Elbu.

Elbu menyoroti latar belakang Firli yang berasal dari institusi Polri. Menurutnya, penetapan ini akan menambah deretan panjang citra buruk kepada Polri.

“Firli harus mengikuti seluruh proses hukum yang berjalan. Kemudian, Ketua KPK harus betul-betul terbuka (soal) apa yang melatarbelakangi dan apa yang menjadi motif sehingga Firli melakukan pemerasan,” sebut Elbu.

Sebelumnya, Kombes Ade Safri selaku Dirkrimsus Polda Metro Jaya menetapkan Firli Bahuri sebagai tersangka kasus dugaan pemerasan mantan Mentan poada Rabu (22/11/2023) kemarin.

Baca Juga :   Kepala Pusat Disabilitas Unhas: di Makassar Banyak Layanan Publik yang Tidak Aksesibilitas
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dan Mitra silakan menghubungi 085171117123

ALAMAT

  • Branch Office : Gedung Graha Pena Lt 5 – Regus – 520 Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Pampang, Makassar Sulawesi Selatan 90234
  • Head Office : Plaza Aminta Lt 5 – Blackvox – 504 Jl. TB Simatupang Kav. 10 RT.6/14 Pondok Pinang Kebayoran Lama, Jakarta Selatan 12310. Telepon : 0411 366 2154 – 0851-71117-123

 

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com