News

Menaker Minta Semua Pihak tak Membesar-besarkan Isu TKA

 
 
JAKARTA, EDUNEWS.ID – Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Hanif Dakhiri meminta kepada semua pihak untuk tidak membesar-besarkan isu masuknya Tenaga Kerja Asing (TKA) lewat Perpres Nomor 20 Tahun 2018.
“Jadi isu tenaga kerja asing ini jangan diolah dan dibesar-dibesarkan. TKA yang masuk ke kita masih sangat terkendali,” jelasnya kepada wartawan di Jakarta, Kamis, (26/4/2018).
Hanief membandingkan dengan Singapura yang lebih besar tenaga kerja asingnya ketimbang tenaga lokalnya. Karenanya, kekhawatiran masuknya TKA ke Indonesia akan menghilangkan lapangan kerja buat rakyat sangat tidak logis.
“Misalkan anda pengusaha memiliki 5000 karyawan dan membuka smelter di Thailand, apa 5000 karyawan ini akan dibawa? Tidak mungkin bisa bangkrut,” tegas Hanif.
Menurut dia, sangat tidak logis jika investor asing yang masuk ke Indonesia tidak mengikut sertakan beberapa karyawannya. “Kalau anda pengusaha Indonesia buka smelter di Thailand tidak bawa beberapa karyawan anda ya tidak logis juga, orang nilainya triliunan,” demikian Hanif.

To Top