News

Mudik dengan Berkendara Jarak Jauh, 4 Hal ini Wajib Diketahui!

Ilustrasi Mudik

EDUNEWS.ID – Saat melakukan perjalanan jauh atau road trip, terdapat beberapa hal yang harus diwaspadai tubuh. Pemudik wajib mempersiapkan diri agar perjalanannya lancar dan aman,

Dokter Spesialis Penyakit Dalam, dr Yuhana Fitra, SpPD, dari RS Abdi Waluyo menjelaskan setidaknya ada empat hal yang harus dihindari seseorang dengan tubuh yang sehat saat akan melakukan perjalanan jauh.

“Basically, ada hal yang harus dihindari, terutama hindari kelelahan, hindari dehidrasi, hindari masalah saluran cerna, hindari mabuk perjalanan, dan juga harus siapkan obat-obatan yang mungkin dibutuhkan,” ungkap dr Yuhana saat diwawancarai tim detikcom, Rabu (20/4/2024).

dr Yuhana menyarankan untuk pemudik agar berisitirahat 1 atau 2 hari sebelum pemberangkatan agar tubuh tetap fit ketika berkendara. Selain itu, penting juga memiliki supir pengganti.

Ia menambahkan, hal yang penting namun sering diabaikan oleh para pemudik ialah menjaga hidrasi tubuh dengan asupan cairan yang cukup.

“Kita nggak bawa air minum dalam jumlah cukup karena berpikir, oh air mineral bisa ditemuin kapan aja atau ada yang dagang nanti di jalan dan sebagainya,” katanya.

Menurut dr Yuhana, kasus dehidrasi sering ditemui pasca mudik lebaran. Karena pemudik seringkali kesulitan mencari rest area untuk buang air, sehingga mereka memilih untuk mengurangi asupan cairan.

“Dan jangan pernah menghindari minum untuk menahan atau menghindari pipis. Kita males minum karena takut kebelet pipis di jalan, nah itu jangan pernah. Upayakan untuk tetap mengonsumsi cairan dalam jumlah cukup untuk menghindari dehidrasi,” tutupnya.

sumber : detik.com

Baca Juga :   KPU Umumkan Pendaftaran Calon Independen Pilkada 2024 Dibuka 5 Mei
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dan Mitra silakan menghubungi 085171117123

ALAMAT

  • Branch Office : Gedung Graha Pena Lt 5 – Regus – 520 Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Pampang, Makassar Sulawesi Selatan 90234
  • Head Office : Plaza Aminta Lt 5 – Blackvox – 504 Jl. TB Simatupang Kav. 10 RT.6/14 Pondok Pinang Kebayoran Lama, Jakarta Selatan 12310. Telepon : 0411 366 2154 – 0851-71117-123

 

Copyright © 2016 @edunews.id

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com