Nasional

Ini Alasan PBNU Dukung Pembatalan Haji

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU)/ILUSTRASI.

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Sekjen Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Helmy Faishal Zaini memberi respons terkait dengan keputusan Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas yang membatalkan keberangkatan jemaah haji 2021.

Helmy menyampaikan dukungan PBNU kepada pemerintah khususnya Menteri Agama yang telah melakukan upaya yang maksimal terkait pemberangkatan haji ini.

“Kami semuanya yakin seyakinnya bahwa pemerintah dalam hal ini Menteri Agama telah melakukan upaya yang maksimal seperti melakukan lobi, diplomasi, melalui jalur formal maupun para ulama-ulama untuk bagaimana bisa memberangkatkan calon jemaah haji,” kata Helmy pada konferensi pers penjelasan kebijakan penyelenggaraan haji 1442 H/2021 M, di Gedung Kementerian Agama, Jakarta, Kamis (3/6/2021).

Menurut Helmy, pertimbangan pemerintah karena situasi saat masih terjadi pandemi global virus Covid-19. Bahkan ada mutasi varian baru, maka sebaiknya mengikuti keputusan pemerintah. Apalagi dasar pertimbangan agama yakni menjaga keselamatan merupakan sesuatu yang tidak bisa ditunda, tetapi beribadah dalam keadaan darurat bisa ditunda.

“Salat Jumat saja kalau hujan itu bisa ditunda, misalnya hujan deras sekali. Kita tunda dengan mengerjakan Salat Zuhur. Orang berpuasa misalnya dia musafir di perjalanan yang panjang sekali berlaku ketentuan untuk membatalkan,” ujarnya.

Oleh karena itu, Helmy mengajak jemaah mengambil hikmah dari penundaan keberangkatan haji 2021 ini. Dengan cara berdoa agar penundaan tersebut tidak mengurangi makna dan niat untuk melaksanakan ibadah haji.

“Kita berdoa mudah-mudahan Allah senantiasa memberikan pahala yang berlimpah atas kesabaran dan ketabahan kita untuk menerima berbagai macam ujian dan cobaan,” pungkasnya.

brt

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top