Nasional

MAKI Beberkan Polisi Kawal Buronan Djoko Tjandra ke Kalimantan Barat

Koordinator Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI), Boyamin Saiman

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Koordinator Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI), Boyamin Saiman mengungkapkan Brigjen Prasetijo Utomo sempat menemani buronan Djoko S Tjandra ke Pontianak, Kalimantan Barat.

Menurut Boyamin, perjalanan ke Pontianak itu menggunakan pesawat jet pribadi.

“Prasetijo Utomo juga menurut informasi yang masuk ke saya juga dia pernah ikut mengawal ke Pontianak dengan private jet,” tutur Boyamin dalam kegiatan diskusi, Jakarta, Sabtu (18/7/2020).

Dalam perjalanan dari Jakarta ke Pontianak itu, kata Boyamin, Djoko Tjandra menggunakan surat jalan yang dibuat Prasetijo.

“Dia [Djoko Tjandra] untuk mengamankan jalan Jakarta-Pontianak, dia pakai surat jalan yang diterbitkan Prasetijo Utomo,” ucap Boyamin.

Sebelumnya, MAKI menduga ada lembaga negara yang memberikan surat jalan kepada Djoko Tjandra sehingga tidak tersentuh aparat penegak hukum.

Salinan surat itu pun diberikan kepada Ombudsman RI dan Komisi III DPR RI. Dan, belakangan setelah diselidiki itu ternyata dikeluarkan Prasetijo Utomo yang menjabat Kakorwas PPNS Bareskrim Polri.

Atas ulahnya tersebut, Kapolri Jenderal Idham Azis pun mencopot Prasetijo dari jabatannya pada 15 Juli lalu. Selain itu, selama 14 hari kemudian jenderal bintang satu itu ditahan di provos guna pemeriksaan lebih dalam oleh Divisi Profesi dan Pengamanan (Divpropam) Polri.

Dalam jumpa pers kemarin, Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono mengatakan dari hasil pemeriksaan didapati memang ada komunikasi langsung, tanpa perantara, antara Prasetijo dan Djoko Tjandra.

Bukan hanya surat jalan, Argo pun mengonfirmasi perihal surat bebas Covid-19 yang difasilitasi Prasetijo untuk Djoko Tjandra. Namun, kata dia, sosok yang diperiksa Pusdokkes Polri untuk mendapat surat bebas Covid-19 itu adalah yang mengaku sebagai Djoko Tjandra.

 

ant

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top