Nasional

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 17 Dibuka

Kartu Prakerja/Ilustrasi.

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang 17 resmi dibuka pada siang hari ini, Sabtu, 5 Juni 2021. Pendaftaran dapat dilakukan melalui laman resmi prakerja.go.id.

“Gelombang 17 dibuka hari ini jam 12.00 WIB,” ujar Head of Communication PMO Kartu Prakerja Louisa Tuhatu kepada awak media, Sabtu, 5 Juni 2021.

Louisa mengatakan kuota kartu prakerja gelombang 17 ini adalah untuk 44.000 penerima. Jumlah tersebut lebih sedikit dari kuota-kuota gelombang sebelumnya yang bisa mencapai lebih dari 100.000 penerima, bahkan ada gelombang yang kuotanya mencapai 600.000 penerima.

Pasalnya, program Kartu Prakerja gelombang ini bukan bersifat penambahan kuota, melainkan untuk memulihkan status kepesertaan para penerima bantuan yang dicabut.

“(Gelombang 17) Sekitar 44.000 karena hanya memulihkan kepesertaan yang dicabut dari gelombang 12-16,” tutur Louisa.

Sebelumnya, PMO Kartu Prakerja menjelaskan bahwa penerima Kartu Prakerja yang tidak membeli paket pelatihan pertama dalam waktu 30 hari sejak mereka ditetapkan sebagai penerima bantuan Kartu Prakerja akan dicabut kepesertaannya.

“Begitu banyak orang yang ingin bergabung dengan Program Kartu Prakerja, jangan sia-siakan kesempatan yang sudah ada di dashboard,” ujar Louisa.

Seperti tahun sebelumnya, peserta Kartu Prakerja akan menerima insentif sebesar Rp 3,55 juta. Dari total itu, Rp 1 juta di antaranya akan digunakan untuk membeli paket pelatihan secara daring.

Sedangkan bantuan sebesar Rp 2,4 juta bakal diberikan secara tunai sebanyak empat kali (Rp 600 ribu per bulan) setelah peserta Kartu Prakerja menyelesaikan pelatihannya dan mengisi rating. Sedangkan insentif Rp 150 ribu akan diberikan bila peserta telah mengisi tiga kali survei.

tmp

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com