Nasional

Rumah Produksi Obat Herbal Anti-Corona di Pontianak Disidak BPOM

EDUNEWS.ID – Rumah seorang warga yang bernama Facrul Lutfi di Jalan Tanjung Raya II, Kompleks Serasan Permai, Kecamatan Pontianak Timur didatangi oleh Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Pontianak, petugas Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar dan pihak Kepolisian Polda Kalbar pada Rabu, 15 April 2020 sekitar jam 11.00 WIB.

Plt BBPOM Pontianak Ketut Ayu Sarwetini mengatakan kedatangan petugas BBPOM Pontianak, Dinkes Kalbar bersama pihak Kepolisian ke rumah Facrul Lutfi untuk mengecek dan mengamankan obat yang diracik Facrul Lutfi yang informasinya diklaim bisa menyembuhkan penderita virus Corona atau Covid-19.

“Dasar BBPOM mendatangi rumah Facrul Lutfi bersama pihak kepolisian karena adanya pengaduan dari masyarakat dan ada komplain dari warga bahwa BBPOM membiarkan ada orang yang klaim menemukan obat bisa menyembuhkan virus Corona,” kata Plt BBPOM Pontianak, Ketut Ayu Sarwetini kepada VIVAnews pada Rabu, 15 April 2020.

Lebih lanjut, Ayu Sarwetini mengatakan saat ini BBPOM Pontianak masih melakukan pendalaman, penyelidikan dan pemeriksaan terhadap obat berbentuk kapsul yang diracik oleh Facrul Lutfi bisa menyembuhkan virus Corona.

“Kami masih melakukan pemeriksaan terhadap obat yang diracik oleh Facrul Lutfi yang dia klaim obat herbal dan bisa menyembuhkan virus Corona. Apabila nanti ada informasi lebih lanjut kami akan sampaikan ke media,” katanya.

Sementara itu, Facrul Lutfi ketika ditemui VIVAnews mempersilahkan kepada BBPOM untuk melaksanakan tugasnya. Karena untuk mengawasi obat makanan dan alat kesehatan itu memang tugasnya BBPOM. Pada dasarnya, dia meracik obat dirumah tidak menggunakan bahan dasar kimia yang berbahaya.

“Pada dasarnya obat yang saya racik ini obat herbal dan tidak menggunakan bahan kimia yang membahayakan. Jadi, silahkan BBPOM untuk melakukan pemeriksaan,” tutur Facrul.

Kabid Humas Polda Kalbar Kombes Pol Dony Charles Go membenarkan sejumlah petugas Ditkrimsus Polda Kalbar ikut mendampingi BBPOM ketika mendatangi rumah Facrul Lutfi di Jalan Tanjung Raya II, Kompleks Serasan Permai, Kecamatan Pontianak Timur.

“Iya benar anggota Ditreskrimsus ada mendampingi BBPOM ke rumah Facrul Lutfi, dan ada permintaan resmi ke Polda Kalbar,” ujarnya.

vva

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top