Nasional

Seorang Bikin Pagar Rumah Berbentuk Kolam Ikan Koi, Begini Penampakannya

EDUNEWS.ID – Seorang warga Malang membuat pagar rumah berbentuk kolam ikan koi. Pemilik Farid Prima alias Jeje (35) mengaku aksinya itu dilakukan agar dirinya bisa melihat terus ikan koi miliknya.

Rupanya, kreativitas Jeje menarik perhatian masyarakat dan viral. Masyarakat pun tak segan datang dan melihat-lihat pagar kolam ikan koi kesayangannya di Perum Tirtasari, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang. Sudah 9 bulan lamanya membuat pagar kolam ikan koi.

Dari pantauan detikcom, rumah Jeje berada di pojok komplek perumahan, menjadikan pagar kolam koi berbentuk hampir setengah lingkaran. Total pagar kolam memiliki panjang 16 meter, dengan tinggi 1,10 meter dan tebal kaca 12 milimeter.

Untuk membuat pagar rumah berbentuk kolam koi, Jeje harus merogoh koceh hampir Rp 50 juta. Setidaknya, 80 ekor koi beragam jenis mengisi pagar kolam tersebut.

“Habis biayanya sampe Rp 50 jutaan,” katanya kepada detikcom di rumahnya, Kamis (23/9/2021).

Jeje sendiri sudah belasan tahun ini menjadi penghobi ikan koi. Dia banyak memiliki koleksi ikan dengan keunikan banyak digandrungi oleh kalangan masyarakat itu.

“Saya sudah lama, memang hobi koi. Makanya, ketika ingin bongkar pagar, tercetus ide dibuat kolam koi saja,” terangnya.

Jeje menceritakan dirinya membutuhkan waktu kurang lebih 2 bulan, untuk membuat dan menyelesaikan pagar ikan koi itu.

“Setelah proses kolam selesai, tinggal siapkan airnya. Karena untuk koi, kondisi air harus benar-benar matur atau siap,” bebernya.

Sebelum memiliki ikan koi, Jeje merupaka guru SDN hampir 5 tahun. Kemudian memutuskan berhenti dan bekerja sebagai marketing di Pulau Bali.

Rumah berpagar kolam ikan koi (Foto file: Muhammad Aminudin/detikcom)

“Dulu saya guru olahraga SDN Bandungrejosari, selama 5 tahun. Kemudian berhenti dan sempat kerja jadi marketing di Bali. Setelah satu tahun saya balik ke Malang,” ujar Jeje.

Kembali dari Bali, Jeje mulai menggilai ikan koi. Tentu dengan banyak uang yang harus dikeluarkan, demi berburu ikan koi terbaik.

“Awal dulu, saya beli ikan koi yang menang kontes. Sampai terakhir, satu ikan koi saya tukar dengan motor kesayangan saya. Karena dibeli pakai uang tidak boleh,” tuturnya.

Ikan itu bukan koleksi satu-satunya, Jeje punya lebih banyak lagi. Bahkan, jika ditotal ikan koi yang dimiliki lebih dari 1.000 ekor.

Selain koleksi, ikan-ikan koi yang dimiliki memang untuk dijual. Karena Jeje punya kolam pembesaran koi beragam jenis.

Saat ditanya jika aksi yang dilakukan dengan membuat pagar kolam ikan koi ini rawan pencuri, Jeje hanya bisa pasrah. Kaca kolam koi memiliki ketebalan cukup lumayan, sehingga tidak mudah untuk pecah.

“Iya, ikhlas saja kalau dicuri. Ini kacanya lumayan tebal,” kata Jeje.

Jeje hanya mengkhawatirkan kondisi ikan koinya bila kaca kolam dihancurkan, otomatis ikan koi-nya masti semua.

“Kalau pecah pasti akan mati semua. Karena koi sangat membutuhkan air yang bagus, dan pasokan oksigen dalam air juga,” ujarnya.

Namun mengantisipasi pencurian, Jeje juga memasang kamera CCTV untuk memantau lingkungan di luar rumahnya. Langkah ini dilakukan setelah pagar kolam koinya viral di media sosial.

 

Sumber : detik.com

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top