Nasional

Sidang HRS, Polisi Amankan Simpatisan Habib Rizieq

ilustrasi.

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Polisi mengamankan 11 orang diduga massa simpatisan Mantan Pentolan FPI Rizieq Shihab yang mendatangi Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur, Kamis (27/5/2021). Diketahui hari ini merupakan sidang pembacaan vonis perkara yang menyebabkan menjerat Rizieq.

“Siang hari ini ada 11 orang sama itu dari Bogor, kalau yang tadi Depok, tadi dari Bogor. Kami amankan karena diingatkan untuk meninggalkan lokasi terkait protokol kesehatan, masih saja berkumpul. Kita periksa motifnya apa,” ujar Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Erwin Kurniawan di PN Jakarta Timur, Kamis.

Erwin menjelaskan dari 11 orang simpatisan yang diamankan tersebut, satu di antaranya merupakan mantan pengurus dari organisasi Front Pembela Islam (FPI).

“Ada salah satu mantan pengurus FPI. Jadi kami coba interogasi mengenai motifnya,” imbuh Erwin.

Ia mengatakan belasan orang yang datang itu tidak membawa atribut. Mereka selanjutnya dibawa ke Polres untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

“Ini baru saja dibawa, sudah diswab antigen, kita lanjutkan proses pemeriksaan,” tuturnya.

Pantauan CNNIndonesia.com, sejak pagi, simpatisan Rizieq tampak sepi di sekitar area pengadilan. Sekitar pukul 09.00 WIB, sempat tampak lima orang simpatisan yang hendak masuk ke pengadilan, namun dihalau oleh aparat.

Sebelum 11 orang, polisi juga telah mengamankan 21 orang diduga simpatisan Rizieq yang datang ke PN Jakarta Timur pada Rabu (26/5/2021) malam.

Diketahui, Rizieq hari ini akan menjalani sidang vonis ataskasus kerumunan di Petamburan, Jakarta Pusat dan Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Selain Rizieq, Eks Ketua Umum FPI Shabri Lubis dan empat terdakwa lainnya yakni Haris Ubaidillah, Ali Alwi Alatas bin Alwi Alatas, Idrus alias Idrus Al-Habsyi dan Maman Suryadi juga akan menjalani sidang vonis perkara Petamburan.

 

 

cnn

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top