Nasional

Wagub Riza Patria Diminta Bantu Anies Kawal PSBB

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Presiden Joko Widodo resmi melantik Ahmad Riza Patria menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta. Usai dilantik, Ketua Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta Wibi Andrino meminta Riza langsung bekerja.

Ia meminta Riza langsung membantu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam penyaluran bantuan sosial di tengah pandemi Corona.

“Ketika Anies sibuk untuk mengantisipasi penyebaran Corona, mungkin Bang Riza bisa bantu soal pelaksanaan distribusi bantuan ke masyarakat supaya cepat,” kata Wibi kepada CNNIndonesia.com, Rabu (15/4/2020).

Wibi menjelaskan, awalnya dewan menggeber pemilihan Wagub memang agar Anies tak sendiri dalam menangani virus Corona di Jakarta. Diketahui ada beberapa permasalahan yang dihadapi Anies sendiri, seperti polemik transportasi hingga distribusi bantuan yang dianggap lama.

Dia berharap Anies dan Riza memiliki pembagian tugas untuk mengoptimalkan kinerja Pemprov DKI Jakarta.

“Bantuan cepat terdistribusi, rakyat yang senang. Jadi warga Jakarta bisa merasakan perbedaan antara ada Wagub DKI sama enggak,” tuturnya.

Selain soal distribusi, ia juga meminta duo Anies-Riza untuk melakukan pengawasan. Sebagai wakil rakyat ia juga mengaku akan melakukan pengawasan dan menjadi perpanjangan tangan pemerintah.

“Sebagai wakil rakyat, kita juga mendengarkan suara rakyat. Kalau ada yang belum dapat kita bisa bantu kasih tahu ke Pemprov DKI nantinya. Jadi negara hadir untuk seluruh warga terdampak PSBB di Jakarta,” kata dia.

Diketahui bansos ini didistribusikan setiap hari, selama 9-24 April 2020 bagi warga atau masyarakat miskin dan rentan miskin. Bantuan yang diberikan berupa paket komoditas bahan pangan pokok seperti beras 5 kg 1 karung, bahan makanan berprotein 2 kaleng, minyak goreng 0,9 liter 1 bungkus, biskuit 2 bungkus, masker kain 2 buah, dan sabun mandi 2 batang.

Sementara itu, sebelumnya, DPRD DKI Jakarta sudah melaksanakan pemilihan Wakil Gubernur DKI Jakarta. Hasilnya, kader Gerindra Ahmad Riza Patria menang telak dengan meraup 81 suara, sementara wakil dari PKS Nurmansjah Lubis mendapatkan 17 suara.

Pergantian ini bermula dari mundurnya Sandiaga Uno sebagai Wakil Gubernur untuk mengikuti Pemilihan Presiden pada 2018 lalu. Kemudian, PKS diketahui menjadi partai yang berhak untuk mengajukan nama calon wakil gubernur DKI.

Di perjalananya sempat ada sejumlah nama yang diajukan PKS yakni Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu. Namun pembahasan di DPRD DKI mandek sehingga muncul sejumlah nama baru seperti Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah dan Ferry Juliantono.

Belakangan PKS-Gerindra merestui dua nama baru yakni Nurmansjah Lubis dan Ahmad Riza Patria. Proses pemililihan juga dikebut sehingga Riza kini terpilih menjadi Wagub DKI.

Riza sebelumnya merupakan salah satu pimpinan di DPP GPartai Gerindra, ia juga terpilih menjadi wakil rakyat untuk periode 2019-2024. Sementara Nurmansjah sebelumnya merupakan mantan anggota DPRD DKI Jakarta. Ia merupakan seorang pengusaha kopi di Ibu Kota.

cnn

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top