Nasional

Waspadai Potensi Hujan Lebat Hingga Sabtu Ini

 
 
JAKARTA, EDUNEWS.ID – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat mewaspadai adanya potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang di beberapa wilayah dalam beberapa hari ke depan.
BMKG menyatakan cuaca buruk tersebut bisa berlangsung setidaknya hingga Sabtu (28/4/2018) pekan ini. Beberapa wilayah tersebut, antara lain Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat.
Hujan lebat juga berpotensi terjadi di Jawa Tengah, Yogyakarta, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua. “Serta potensi gelombang tinggi dua hingga empat meter,” Deputi Bidang Meteorologi-BMKG Mulyono R Prabowo dalam keterangan tertulisnya Rabu (25/4/2018).
Dia mengatakan BMKG memperkirakan gelombang tinggi terjadi di perairan barat Aceh, Pulau Simeuleu hingga Kepulauan Mentawai, Bengkulu-Enggano, dan bagian barat Lampung.
BMKG memperkirakan potensi serupa bisa terjadi di bagian selatan Selat Sunda, bagian selatan Jawa hingga Sumbawa. “Selat, Bali, Selat Lombong, bagian selatan Selat Alas, dan perairan selatan Pulau Sumba, Pulau Sawu,” kata dia menjelaskan.
Mulyono mebgimbau kepada masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan. “Seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin,” kata dia.
Dikutip dari laman resmi BMKG, beberapa daerah diprediksi akan diguyur hujan lebat pada Kamis (26/4/2018) hari ini, yaitu Serang pada pagi hari, Medan pada siang hari. Sementara itu Surabaya diprediksi akan diguyur hujan disertai kilat dari siang hingga malam hari.

To Top