Nasional

PDIP Usung Ganjar Capres, Peta Koalisi Parpol Berubah

Ganjar dan Jokowi

JAKARTA, EDUNEWS.ID-Daya tarik PDIP dan Ganjar Pranowo dinilai cukup kuat menarik partai lain sebagai koalisi. Penetapan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) oleh PDIP Perjuangan (PDIP) dapat mengubah konstelasi dan merombak peta koalisi partai politik yang selama ini telah terbangun.

Saat ini, sudah ada tiga koalisi partai politik atau parpol yang siap menghadapi percaturan politik Pemilihan Presiden 2024. Saat ini sudah terbangun komunikasi tiga koalisi parpol, yakni Koalisi Perubahan, Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), dan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR).

Pengamat politik Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Wasisto Raharjo Jati mengatakan, penetapan capres Ganjar Pranowo membawa sejumlah implikasi. Dampak paling utama adalah perubahan peta koalisi.

Saat ini sudah ada tiga koalisi parpol. Yakni, Koalisi Perubahan, Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), dan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR). Dari tiga koalisi itu, semuanya masih punya peluang bergeser.

Namun, jika melihat dinamika saat ini, KKIR yang paling mungkin berubah. Sebab, KKIR hanya terdiri atas dua partai, yakni PKB dan Gerindra. Komposisi itu dinilai tidak cukup kuat untuk melaju dan memenangi pilpres. Karena itu, PKB ataupun Gerindra punya peluang merapat ke PDIP.

Meski begitu, Gerindra lebih punya beban jika memutuskan bergabung dengan PDIP. Sebab, cukup sulit bagi Gerindra menempatkan Prabowo sebagai wakil Ganjar.

”Nah, ini yang masih abu-abu,” imbuhnya. KIB juga punya peluang mengalami pergeseran. Apalagi, PAN dan PPP juga sempat mewacanakan untuk mendukung Ganjar.

Selain peta koalisi, lanjut dia, konsekuensi lain yang bisa terjadi adalah pergeseran nama capres menjadi cawapres. Sebelumnya, ada empat nama yang dideklarasikan sebagai capres. Yakni, Anies Baswedan dari Koalisi Perubahan, Airlangga Hartarto diusung Golkar, Prabowo Subianto ditetapkan Gerindra, hingga Muhaimin Iskandar oleh PKB.

Baca Juga :   Mantan Bupati Sinjai Andi Seto Direstui Nurdin Halid Bertarung di Pilwalkot Makassar

Dengan keberadaan Ganjar, beberapa nama yang semula dimunculkan sebagai capres akan turun menjadi cawapres. Sebab, tidak mungkin semua nama menduduki posisi capres.

”Beberapa nama yang sebelumnya dicapreskan bisa digeser dicawapreskan,” tuturnya. Karena itu, pembahasan cawapres Ganjar akan menguat.

sumber : fajar.co.id

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dan Mitra silakan menghubungi 085171117123

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 085171117123

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  085171117123

Copyright © 2016 @edunews.id

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com