Kesehatan

Perhatikan! Berikut Pantangan Setelah Vaksin Covid-19

HEALTH, EDUNEWS.ID-Vaksin Covid-19 terbukti dapat membentengi diri dan mengurangi risiko penularan virus. Nah, bagi Anda yang akan atau baru saja menerima vaksin Covid-19, ada sejumlah pantangan yang harus dihindari agar vaksin dapat bekerja maksimal dalam membentuk sistem pertahanan yang kuat di dalam tubuh. Apa saja?

1. Bergadang

Bergadang adalah pantangan utama yang harus Anda hindari. Saat divaksinasi, tubuh bergantung pada respons imun untuk mengembangkan perlindungan. Karena itu, sangat dianjurkan agar orang yang baru divaksinasi tidur setidaknya selama 7-8 jam. Hal ini karena kurang tidur dapat mengakibatkan penurunan kekebalan, sementara tubuh membangun kembali mekanisme pertahanannya selama tidur. Kurang tidur juga dapat memicu stres, yang selanjutnya menekan sistem kekebalan tubuh.

2. Minum alkohol dan merokok

Sangat disarankan untuk menghindari konsumsi tembakau dan alkohol karena dapat memperburuk efek samping vaksin. Tak cuma itu, alkohol juga mempengaruhi sistem kekebalan tubuh secara negatif dan ada kemungkinan respon imun terhadap vaksin mungkin tidak efektif jika ada alkohol yang berlebihan dalam tubuh. Hal yang sama berlaku juga untuk konsumsi tembakau.

3. Aktivitas fisik berat

Hindari aktivitas fisik yang berat setidaknya selama 2-3 hari setelah vaksinasi. Aktivitas fisik berat tidak disarankan karena tubuh Anda membutuhkan waktu untuk pulih dari efek samping vaksin.

4. Konsumsi makanan dan minuman manis berlebihan

Seperti yang sudah disebutkan, efektivitas vaksin bergantung pada respons imun tubuh. Ketika berbicara soal kekebalan dan imun tubuh, ternyata apa yang kita konsumsi sangat berpengaruh. Para ahli menyebut bahwa gula merupakan bahan makanan yang paling buruk terhadap sistem imun.

Gula menjadi pemicu munculnya lingkaran setan berupa resistensi insulin dan obesitas yang mendorong inflamasi dan merusak pembuluh darah. Kondisi ini menciptakan gangguan besar bagi sistem kekebalan dan membuka jalan bagi bakteri serta virus berbahaya untuk menyelinap melalui pertahanan tubuh. Karena itu, setelah menerima vaksin Anda disarankan untuk menghindari makanan dan minuman manis.

Baca Juga :   Pembeli Keluhkan Kenaikan Harga Tomat, Tembus 26 Ribu per kg
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dan Mitra silakan menghubungi 085171117123

ALAMAT

  • Branch Office : Gedung Graha Pena Lt 5 – Regus – 520 Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Pampang, Makassar Sulawesi Selatan 90234
  • Head Office : Plaza Aminta Lt 5 – Blackvox – 504 Jl. TB Simatupang Kav. 10 RT.6/14 Pondok Pinang Kebayoran Lama, Jakarta Selatan 12310. Telepon : 0411 366 2154 – 0851-71117-123

 

Copyright © 2016 @edunews.id

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com