Internasional

Peringatan dari NASA! Asteroid Setinggi Menara Eiffel Terbang Menuju Bumi

lmuwan NASA mendeteksi dan telah mengeluarkan peringatan tentang keberadaan Asteroid yang Berpotensi Berbahaya (Potentially Hazardous Asteroid/PHA) yang melayang dekat bumi pada pertengahan Desember

EDUNEWS.ID- Ilmuwan NASA mendeteksi dan telah mengeluarkan peringatan tentang keberadaan Asteroid yang Berpotensi Berbahaya (Potentially Hazardous Asteroid/PHA) yang melayang dekat bumi pada pertengahan Desember. Asteroid tersebut telah diklasifikasikan sebagai 4660 Nereus dan NASA menganggap sangat berbahaya jika menabrak bumi.

Ukuran asteroid itu hampir tiga kali luas lapangan sepak bola dan tinggi kira-kira seukuran menara Eiffel. Menara Eiffel memiliki tinggi sekitar 324 meter atau 1.063 kaki. NASA memprediksi asteroid raksasa itu akan melewati Bumi pada 11 Desember 2021. (Baca juga; Bumi Nyaris Dihantam Asteroid, Lintasannya Hanya Berjarak 3.000 Kilometer )

Dikutip dari laman bgr.com, NASA mengatakan asteroid itu akan terbang melewati bumi ini pada jarak sekitar 3,9 juta kilometer. Jarak itu sepuluh kali lebih jauh dari area antara bumi dan bulan, jadi seharusnya tidak menimbulkan masalah bagi bumi. Sebagai referensi jarak bulan dengan bumisekitar 238.855 mil.

Awalnya asteroid 4660 Nereus ditemukan Eleanor F Helin pada tahun 1982. Nereus hanyalah salah satu dari beberapa asteroid yang termasuk dalam kelompok Apollo. Semua asteroid dalam kelompok ini diketahui melintas dekat dengan bumi saat mengorbit matahari.

Asteroid mengorbit pada matahari setiap 664 hari. Para ilmuwan memperkirakan asteroid 4660 Nereus tidak akan mendekati Bumi lagi hingga Maret 2031. Setelah itu, diperkirakan akan mendekat lagi pada tahun 2050. (Baca juga; Jepang Berhasil Abadikan Fenomena Langka Asteroid Tabrak Jupiter )

Asteroid yang Berpotensi Berbahaya tercatat beberapa kali terdeteksi terbang dekat bumi. Pada bulan September lalu ilmuwan mendeteksi asteroid besar dengan ukuran kira-kira 1.120 kaki akan melewati bumi pada tahun 2029 di sekitar 19.000 mil jauhnya.

Itu merupakan salah satu jarak terdekat antara bumi dengan asteroid. Sama seperti 4660 Nereus, asteroid itu seharusnya tidak menimbulkan dampak apa pun selama 100 tahun lagi. Asteroid lain, yang disebut 2021RL3, terdeteksi melayang dalam jarak 1.804.450 mil dari bumi. Asteroid ini diperkirakan terbang dekat bumi pada Februari 2060. (int/bgr)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top