Nasional

PKS, PDIP dan PKB Berpotensi Usung Anies Baswedan pada Pilgub Jakarta 2024

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berpotensi diusung tiga partai politik (parpol) pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jakarta 2024. Ketiga parpol tersebut, yakni Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Hal itu disampaikan pengamat politik dari Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta Ardli Johan Kusuma.

Ardli menuturkan jika ketiga parpol tersebut akan berkoalisi mengusung Anies Baswedan jika merujuk pada pernyataan dan pergerakan masing-masing.

Dia menilai PKB cenderung pragmatis pada Pilgub Jakarta dengan mempertimbangkan pilihan-pilihan politik yang dianggap menguntungkan dengan perhitungan jangka panjang.

“Mengingat manuver PKB menjelang pilpres sebelumnya yang bisa putar arah menyeberang mendukung Anies, yang sebelumnya mendukung Prabowo, maka tidak menutup kemungkinan PKB akan menjadi partai pragmatis dalam pilkada Jakarta,” urainya di Jakarta, Minggu (7/7/2024) kemarin.

Melihat kondisi tersebut, Ardli menyebut, bisa saja PKB tetap mengusung Anies, meskipun PKS menduetkan dengan Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Mohamad Sohibul Iman.

“Bisa jadi jika nantinya pengusungan Anies Baswedan mampu menggabungkan PKS dan PDIP dalam satu koalisi yang akan menjadi kubu potensial memenangkan pilkada Jakarta, maka kemungkinan PKB untuk bergabung mengusung Anies akan terbuka lebar karena pengusungan calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta bisa dijadikan parameter kekuatan terbentuknya koalisi-koalisi partai politik pada Pilpres 2029,” bebernya.

Sebelumnya, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKS memutuskan mengusung pasangan Anies-Sohibul sebagai bakal calon gubernur dan wakil gubernur pada Pilkada Jakarta.

“Maka, Dewan Pimpinan Tingkat Pusat PKS pada rapatnya di hari Kamis, 20 Juni 2024, telah memutuskan mengusung Anies Rasyid Baswedan sebagai bakal calon gubernur dan Mohamad Sohibul Iman sebagai bakal calon wakil gubernur pada Pilkada DKI Jakarta tahun 2024,” kata Presiden PKS Ahmad Syaikhu saat pembukaan Sekolah Kepemimpinan Partai DPP PKS, Jakarta, Selasa (25/6/2024).

Baca Juga :   Rahman Bando Disebut Calon Wali Kota Makassar Paling Bagus Konsep Pembangunannya

Sementara itu, Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar mengatakan partainya tidak berniat memasangkan Anies dengan Sohibul pada Pilgub Jakarta 2024.

Menurut dia, jika PKS sudah mengumumkan duet Anies-Sohibul maka itu hanyalah versi dari partai tersebut, sedangkan PKB memiliki versi sendiri terkait sosok pasangan Anies.

“Itu versi PKS kan, kami punya versi juga,” kata Cak Imin saat ditemui di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (1/7/2024).

Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani menyebut partainya terbuka untuk berkoalisi dengan PKB pada Pilgub Jakarta 2024.

“Bisa saja, selama memenuhi kuota yang ada. Dalam artian persyaratan dan mekanismenya itu mencukupi, bukan tidak mungkin, politik kan dinamis,” ujarnya di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (4/7/2024).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dan Mitra silakan menghubungi 085171117123

ALAMAT

  • Branch Office : Gedung Graha Pena Lt 5 – Regus – 520 Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Pampang, Makassar Sulawesi Selatan 90234
  • Head Office : Plaza Aminta Lt 5 – Blackvox – 504 Jl. TB Simatupang Kav. 10 RT.6/14 Pondok Pinang Kebayoran Lama, Jakarta Selatan 12310. Telepon : 0411 366 2154 – 0851-71117-123

 

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com