Ekonomi

PNS Bakal ‘Dipaksa’ Pakai Mobil Listrik dan Motor Listrik

Ilustrasi mobil listrik

JAKARTA, EDUNEWS.ID-Pemerintah berupaya mempercepat pembentukan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

Selain mengeluarkan regulasi yang memudahkan para produsen otomotif dalam membuat kendaraan listrik, pemerintah juga memiliki target untuk memperbanyak penggunaan mobil listrik dan motor listrik di lingkungan instansi pemerintahan.

Seperti disampaikan oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, pada 2030 pemerintah memiliki target memproduksi mobil listrik sebanyak 600 ribu unit dan sepeda motor listrik sebanyak 2,45 juta unit. Target itu cukup realistis mengingat Indonesia akan memiliki pabrik baterai kendaraan listrik dalam negeri, serta didukung lahirnya manufaktur-manufaktur kendaraan listrik, baik dari luar negeri maupun dalam negeri.

“Menciptakan ekosistem BEV (Battery Electric Vehicle) tentu perlu keterlibatan para pemangku kepentingan, dari produsen, produsen baterai, pilot project, konsumen, dan infrastruktur. Pemerintah menargetkan produksi BEV pada 2030 dapat mencapai 600 ribu unit untuk roda empat atau lebih, serta 2,45 juta unit untuk kendaraan roda dua. Produksi kendaraan listrik diharapkan mampu menurunkan emisi CO2 sebesar 2,7 juta ton untuk roda empat atau lebih dan sebesar 1,1 juta ton untuk roda dua,” kata Agus, dalam webinar Quo Vadis Industri Otomotif Indonesia di Era Elektrifikasi, Jumat (15/10/2021).

Kemudian agar produk kendaraan listrik tersebut bisa cepat diserap oleh pasar, pemerintah bakal memberikan berbagai insentif, baik fiskal atau non fiskal. Contohnya seperti tax holiday, tax allowance, pembebasan bea masuk, bea masuk ditanggung pemerintah, termasuk super tax deduction untuk kegiatan research and development. Selain itu, pemerintah juga akan mewajibkan instansi pemerintahan untuk menggunakan kendaraan listrik nantinya.

“Bersamaan dengan hal tersebut untuk mempercepat popularisasi penggunaan EV (Electric Vehicle), pemerintah akan menetapkan peraturan tentang road map (peta jalan) pembelian EV di instansi pemerintahan. Dalam road map tersebut, diperkirakan pembelian kendaraan listrik akan mencapai 135 ribu unit untuk roda empat dan 400 ribu unit untuk roda dua pada tahun 2030,” jelas Agus. (int/dtk)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com