Politik

Bawaslu Diminta Selidiki Dugaan Pelanggaran Tim Deddy-Dedi

 

 

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) diminta menelusuri dugaan pelanggaran oleh tim pemenangan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi.

Tim pemenangan paslon Deddy Mizwar dan Dedi Mulyadi diduga ingin melakukan bagi-bagi telur ke masyarakat. ‎”Jadi tidak boleh memberikan sesuatu dengan maksud tujuan untuk memilih pasangan tertentu, itu melanggar ketentuan,” jelas Wakil Ketua Komisi II DPR, Ahmad Riza Patria, Kamis (8/3/2018).

Politisi Partai Gerindra ini menjelaskan, Bawaslu sebenarnya bisa bergerak jemput bola, dengan investigasi langsung apabila ada pelanggaran yang dilakukan oleh tim pemenangan Deddy-Dedi.

“Jadi Bawaslu bisa bergerak tanpa adanya aduan dari masyarakat,” jelasnya.

Apabila terbukti tim pemenangan Deddy-Dedi melanggar maka selayaknya dikenaik sanksi. Riza Patria berharap Bawaslu independen menyikapi masalah ini. “Bawaslu sebagai penyelenggara Pemilu bersikap adil, netral, dan bisa mengawasi jalannya pemilu di daerah‎,” pungkasnya.

Sebelumnya, beredar video memperlihatkan tim pemenangan Deddy-Dedi tengah mengemas telur ayam untuk dibagikan ke masyarakat. Video itu tersebar melalui pesan elektronik whatsapp.

Video berdurasi 49 detik itu memperlihatkan sejumlah orang tengah sibuk mengemas telur ayam ke dalam sebuah wadah khusus berbahan plastik. Setiap bungkus berisi empat butir telur ayam.

Wadah itu, kemudian ditempeli stiker bertuliskan cinderamata yang juga memuat wajah pasangan cagub dan cawagub Jabar nomor urut empat. Sejumlah orang yang berada dalam video tersebut diketahui adalah Tenno Ali seorang artis, Sekretaris DPD Golkar Jabar Ade Barkah dan sejumlah pengurus Partai Golkar di Cianjur.

“Halo masyarakat Jawa Barat, Babe (Tenno Ali) kebetulan berada di Cianjur di DPD Partai Golkar Jawa Barat Cianjur. Kita lagi kemas-kemas buat cenderamata buat seluruh masyarakat Cianjur,” ucapnya dalam video tersebut.

Baca Juga :   Rilis Terbaru Archi : Ridwan Kamil dan Sahroni Berpotensi 'Head to Head' di Pilgub DKI 2024

“Mungkin lebih baik, lebih cakep, kalau seluruh DPD Partai Golkar se-Jawa Barat juga melakukan seperti ini. Ini Sekjen Partai Golkar Provinsi Jawa Barat (Ade Barkah) dan ini Ketua Partai Golkar Kabupaten Cianjur dan ini yang punya duit. Semuanya bantu. Patpatgulipat, coblos nomor empat. ABCD, Ade Barkah coblos Dedi,” kata Tenno.

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com