Politik

Belum Deklarasi Capres, Pengamat : Itu Strategi Gerindra

 

 

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Hingga saat ini, Gerindra masih belum mengumumkan siapa yang akan menjadi capres mereka. Menurut pengamat politik Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Pangi Syarwi Chaniago hal tersebut merupakan strategi untuk melihat situasi.

“Paling tidak, partai melakukan cek ombak atau testing on the water,” kata Pangi, Selasa (13/3/2018). Ia mengatakan, partai politik seringkali menggunakan strategi menggantung.

Hal tersebut bukan dilakukan karena ketidakyakinan Gerindra dan Prabowo untuk mendeklarasikan diri, tetapi karena strategi mereka untuk membaca peta politik terlebih dahulu.

“Sehingga bisa membaca peta politik, mengkalkulasi dan menghitung ulang simulasi konstelasi elektoral. Biasanya kalau menggantung itu ada bargaining position-nya, dan bisa main dua kaki, bisa berselancar ke poros mana pun,” ujar Pangi menjelaskan.

Ia menilai, hingga saat ini Prabowo Subianto masih menjadi nama yang paling kuat di partai tersebut. Ia mengatakan, masih belum ada pergeseran dukungan terhadap Ketua Umum Partai Gerindra tersebut. “Sejauh ini saya melihat belum terjadi pergeseran sikap dan dukungan. Gerindra tetap pada sikap awal yaitu Prabowo capres harga mati,” tambah dia.

Sebelumnya, DPD Partai Gerindra DKI Jakarta menggelar deklarasi untuk mencalonkan Ketua Umum Prabowo Subianto sebagai calon presiden dalam Pemilu Presiden (Pilpres) 2019 mendatang. Deklarasi ini digelar untuk mendesak Prabowo untuk maju menjadi calon presiden setelah pada 2017 lalu Prabowo enggan mengiyakan hal itu.

“Kalau di DKI, ini acaranya dibalut dengan puncak HUT Partai Gerindra yang ke-10. Insya Allah Gubernur DKI Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno akan hadir nanti sore di Lapangan Arcici, Jakarta Utara,” kataWakil Ketua DPD Partai Gerindra, Syarif, Ahad (11/3/2018).

Baca Juga :   Mahfud Belum Beri Selamat Prabowo-Gibran

REPUBLIKA

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com