Politik

Hasto Prediksi Bakal ada 3 Calon di Pilpres

 

 

JATINANGOR, EDUNEWS.ID – Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menilai sah-sah saja jika partai membentuk poros ketiga pada Pilpres 2019 mendatang. Dia tidak khawatir munculnya penantang baru akan mengalihkan suara pemilih terhadap Joko Widodo.

“Tidak (khawatir) karena rakyat tahu mana pemimpin yang menyatukan, mana pemimpin yang membawa harapan, mana pemimpin yang beretorika untuk kekuasaan,” katanya di kampus IPDN, Jatinangor, Jawa Barat, Kamis (8/3/2018).

Jokowi, menurut Hasto, masih berada di atas angin. Dia percaya dukungan rakyat besar sekali terhadap mantan Gubernur DKI ini. Sebab, Jokowi merupakan pemimpin yang dekat dengan rakyat.

“Rakyat-rakyat semakin berdaulat mereka betul-betul tahu siapa pemimpin yang berani turun dan berani berdialog dengan rakyat, mana pemimpin yang berani berbicara di kalangan elite saja,” tegasnya.

Hasto memprediksi bakal muncul tiga pasangan calon di 2019 nanti. Hal tersebut dia nilai tak mustahil untuk terjadi. “Ya kalau kami memperkirakan memang sekitar tiga pasangan calon yang akan maju, tetapi mau tiga pasangan calon mau dua itu kan hak konstitusional,” tandasnya.

Sebelumnya, Ketua DPP PKB Lukman Edy mengatakan partai basis Islam akan menjajaki poros baru untuk menghadapi Pilpres 2019. Partai-partai yang disinyalir bakal ikut adalah PKB, PAN, dan PKS.

PAN sendiri telah menyatakan tak merapat ke koalisi pemerintahan. Ketua DPP PAN Yandri Susanto mengatakan masih terbuka peluang poros baru di luar koalisi Jokowi dan Prabowo. PAN memberikan sinyal tak harus mengikuti Prabowo dan memungkinkan membentuk poros baru.

To Top