Politik

LIPI Nilai Nasdem Bagus Soal Rekrutmen Calon Kepala Daerah

salah satu kader partai Nasional Demokrasi (NasDem), Anies Baswedan.

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Peneliti senior Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Prof Siti Zuhro mengakui, Partai Nasdem saat ini sudah mulai getol dalam melakukan gerilya demi menghadapi Pilpres 2024. Meski waktu masih panjang, kata Siti, hal itu wajar bagi Nasdem yang memang selalu menjadi partai terdepan dalam pencalonan Pilpres maupun Pilkada.

“Ibaratnya Nasdem berlari dalam hal rekrutmen calon, meskipun calonnya bukan kader sendiri,” jelasnya, kepada Republika, Kamis (4/3/2021).

Dia menambahkan, sebagai partai menengah, pola-pola yang diambil Nasdem selama ini dipercaya bisa mendongkrak partai tersebut dalam setiap pemilu. Atas dasar tersebut, dia menyarankan, agar partai politik di Indonesia bisa berbenah diri.

Utamanya, partai ia sebut harus memantapkan kaderisasi yang melembaga dan melakukan promosi kader dengan sistem yang baik.

“Mengelola partai secara transparan dan akuntabel sangat diperlukan agar parpol benar-benar jadi partai jangkar dan memiliki basis massa politik yang jelas terukur dan konkrit,” tuturnya.

Siti menambahkan, pelembagaan partai politik yang terbangun baik, bisa sangat diperlukan dalam mewujudkan koalisi partai yang terformat dan terukur. Sehingga, ke depannya, kepentingan tidak membuat mereka kocar-kacir meski Pilpres telah usai.

“Kelemahan koalisi selama ini karena koalisi dibangun atas dasar kepentingan sesaat, sehingga koalisi sangat mudah terpecah,” ujar dia.

Sebelumnya, Partai Nasdem dan Golkar diketahui sudah mulai melakukan penjajakan koalisi. Pertemuan antara Ketua Umum Nasdem Surya Paloh dengan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, diklaim berlangsung sebagai koalisi menghadapi Pilpres 2024 mendatang.

 

 

rpl

Baca Juga :   Rilis Terbaru Archi : Ridwan Kamil dan Sahroni Berpotensi 'Head to Head' di Pilgub DKI 2024
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com