Politik

Pengamat Ungkap Kelemahan TGB

 

 

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Pengamat politik Emrus Sihombing menilai Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zainul Majdi berpeluang menjadi calon wakil presiden mendampingi Joko Widodo pada Pilpres 2019.

Menurut Emrus, pria yang karib disapa Tuan Guru Bajang (TGB) itu memiliki sejumlah kelebihan. Salah satunya berbagai penghargaan selama TGB menjadi gubernur NTB. Selain itu, TGB juga merupakan santri dan aktif berdakwah di seluruh Indonesia.

“Bisa saja dia jadi cawapres. Namun, perlu diketahui banyak hal yang perlu dipertimbangkan untuk memilih cawapres,” ujar Emrus, Kamis (15/3/2018).

Pengajar di Universitas Pelita Harapan itu menambahkan, variabel untuk menjadi cawapres tak hanya terkait sosok secara individu, tapi juga dukungan politik dan publik. “Saya kira TGB mungkin belum memenuhi sejumlah variabel yang lain. Seperti dukungan politik,” ucap Emrus.

Menurut Emrus, Jokowi membutuhkan sosok dari kalangan ulama untuk menopang elektoralnya pada Pilpres 2019. Meski begitu, sosok ulama tidak harus dari partai religius.

“Di Golkar atau PDIP juga banyak kader yang berasal dari santri. Jadi, ulama itu tak harus dari partai keagamaan. Santri yang nasionalis, moderat, pluralis dan yang sudah selesai dengan dirinya. Jadi, tak harus dari partai berbasiskan umat Islam,” kata Emrus.

To Top