Politik

PKPI tak Ikut Pemilu 2019

 

 

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menolak gugatan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) terhadap Komisi Pemilihan Umum (KPU) terkait peserta Pemilu 2019. PKPI dinyatakan tidak memenuhi syarat sebagai peserta pemilu.

“Memutuskan menolak eksepsi pemohon untuk seluruhnya. Demikian diputuskan dalam rapat pleno dan dibacakan kepada para pihak dan terbuka untuk umum,” kata Ketua Bawaslu yang menjadi ketua majelis pemeriksa sidang, Abhan, di kantor Bawaslu, Jakarta Pusat, Selasa (6/3/2018).

Sementara itu, anggota Bawaslu, Muhamad Fritz Edward Siregar, mengatakan PKPI dinilai tidak memenuhi syarat sebagai peserta Pemilu 2014. PKPI tidak dapat menghadirkan kepengurusan dan keanggotaan pada tahapan verifikasi.

Ketidakterpenuhan syarat ini terdapat pada empat provinsi dan 73 kabupaten/kota.

“Menimbang tidak ditetapkannya PKPI dikarenakan tidak memenuhi syarat menyangkut kepengurusan dan keanggotaan sebagaimana dicantumkan dalam hasil verifikasi di empat provinsi dan 73 kabupaten/kota,” ujar Fritz dalam kesempatan yang sama.

Sementara itu, KPU menindaklanjuti putusan Bawaslu yang mengabulkan permohonan Partai Bulan Bintang (PBB) seluruhnya dan telah sah menjadi partai peserta Pemilu 2019. “Usai rapat pleno, kami tetapkan PBB sebagai partai peserta Pemilu 2019 dengan nomor urut 19,” ujar Ketua KPU, Arief Budiman, di kantor KPU, Jakarta, Selasa (6/3/2018).

To Top