Politik

PSI Sodorkan Nama Cawapres dan Menteri untuk Jokowi

SEKJEN PARTAI SOLIDARITAS INDONESIA, RAJA JULI ANTONI

 

 

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Meski baru seumur jagung, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) semakin percaya diri terlibat dalam kancah politik. Setelah mantap mendukung Joko Widodo atau Jokowi maju Pilpres 2019, PSI juga menyiapkan cawapres yang akan mendampingi Jokowi, sekaligus kabinet yang mengisi pemerintahan.

“Bukan hanya cawapres, kami juga usulkan nama-nama untuk mengisi susunan kabinet,” ujar Sekretaris Jenderal PSI Raja Juli Antoni di kantor DPP PSI, Jakarta, Ahad (25/3/2018). Deretan nama calon menteri yang disodorkan PSI terdiri dari elit partai dan juga profesional.

“Ini adalah struktur kabinet yang paling realistis untuk Indonesia yang multipartai. Jadi yang pertama kami sebenarnya ingin menghilangkan dikotomi antara profesional dan partai,” ujar Toni. Tak cukup dengan merekomendasikan nama calon wapres dan menteri, PSI juga mengusulkan perubahan nama Kementerian.

Perubahan nama itu yakni Menteri Komunikasi, Informatika dan Big Data, Menteri UKM, Ekonomi Kreatif, Start Up dan Pemuda, Menteri Infrastruktur, Agraria, Tata Ruang, dan Kepala BPN, Menteri Lingkungan Hidup, Kehutanan, dan Perubahan Iklim, Menteri Sosial dan Mitigasi Bencana, Menteri Kesetaraan Gender, Keluarga Berencana, dan Perlindungan Anak, serta Menteri Olahraga.

Sementara untuk nama-nama cawapres, Toni berharap nama-nama yang dijaringnya dapat membantu Jokowi mencari figur yang mumpuni untuk bersanding di pemerintahan kelak. “Ada 12 nama untuk Cawapres yang akan kami rekomendasikan ke Pak Jokowi. Kami berusaha bantu Pak Jokowi inventarisasikan,” kata Toni.

12 nama itu adalah Ketua Partai Golkar Airlangga Hartanto, Pengusaha Chairul Tanjung, Mantan Ketum PP Muhammadiyah Din Syamsudin, Menko Maritim Luhut B Pandjaitan, Mantan Panglima TNI Moeldoko.

Selain itu, ada pula Mantan Ketua MK Mahfud MD, Pakar E-Commerce Nadiem Makarim, Pengusaha Rusdi Kirana, Ketua PBNU Said Aqil, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pujiastuti, dan Ketua GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas.

Meski mengusulkan nama cawapres, Toni memastikan semua pilihan sepenuhnya diserahkan pada Jokowi. “Nanti tergantung Pak Jokowi cocoknya ke mana,” ucapnya.

To Top