Politik

Resmi, Gus Ipul Diusung PKB jadi Calon Wali Kota Pasuruan

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) resmi memberikan rekomendasi kepada mantan Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim), Saifullah Yusuf alias Gus Ipul sebagai calon wali kota Pasuruan dalam Pilkada serentak 2020.

Surat rekomendasi itu diantarkan langsung oleh Ketua DPW PKB Jatim, Abdul Halim Iskandar ke DPC PKB Kota Pasuruan, di kediaman Dewan Syuro PKB Kota Pasuruan KH Asyari, Lecari, Kota Pasuruan.

Setelah diterima Ketua DPC PKB Kota Pasuruan Ismail Marzuki Hasan rekomendasi itu langsung diberikan kepada Gus Ipul. Penyerahan rekomendasi itu dihadiri sejumlah ulama, dan kiai di Kota Pasuruan.

“Proses ini sudah sangat panjang sekali. Dan saya kira figur Gus Ipul layak mendapatkan amanah dan rekomendasi ini,” kata Halim, di Pasuruan, Jumat (28/8/2020).

Halim mengatakan PKB adalah partai yang dilahirkan dari Nahdatul Ulama (NU). Oleh karena itu, kata Halim, dalam mengusung calon kepala daerah pihaknya mencari kalangan nahdliyin.

“Nah, begitu juga, dalam mengusung calon. Maka visi tadi harus yang diutamakan alias pegangan utama, termasuk dalam menentukan rekomendasi calon yang direkom untuk Pilwali Kota Pasuruan,” katanya.

Halim menyebut Gus Ipul memiliki tanggung jawab ketika terpilih menjadi wali kota Pasuruan untuk memperjuangkan kepentingan jamiiyah NU dan masyarakat Kota Pasuruan.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) juga menyebut rekomendasi Gus Ipul sebagai amanat para ulama. Namun, ia menolak pencalonan Gus Ipul dianggap penurunan karir politik.

“Dalam perjuangan tidak ada istilah downgrade, atau apapun itu. Ini adalah amanat ulama yang harus diemban Gus Ipul,” tutur Halim.

Sementara itu, Gus Ipul menyampikan terima kasih banyak kepada Halim dan seluruh jajaran PKB yang telah memberikan kepercayaan kepadanya.

Baca Juga :   AHY Ungkap Prabowo Minta Siapkan Sejumlah Kader Demokrat untuk Jadi Menteri

“Mudah-mudahan amanah ini bisa saya terjemahkan dalam bentuk kongkrit untuk kesejahteraan bersama memajukan Kota Pasuruan,” ujar Gus Ipul.

Gus Ipul sebelumnya menjabat sebagai wakil gubernur Jawa Timur selama dua periode. Ia juga sempat maju sebagai calon gubernur Jawa Timur pada Pilkada 2018 lalu, namun kalah dari Khofifah Indar Parawansa.

Tak hanya itu, politikus PKB tersebut juga sempat menjabat menteri pembangunan daerah tertinggal pada era Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Dalam Pilkada Kota Pasuruan ini, Plt Wali Kota Pasuruan Raharto Teno Prasetyo juga kembali maju. Teno bakal berpasangan dengan Hasjim Asjari, yang merupakan adik kandung mantan Wali Kota Pasuruan periode 2000-2010 Aminurohkhman.

Pasangan Teno-Hasjim telah mendapatkan dukungan dari tiga partai yakni Hanura, PDIP, dan Nasdem.

cnn

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com