Politik

Rizal Ramli Sempat Menolak Tawaran Jokowi untuk Jadi Menteri

 

 

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Rizal Ramli awalnya tak mau menerima posisi Menko Kemaritiman dan Sumber Daya yang disampaikan Presiden Joko Widodo tahun 2015 lalu. Tetapi dalam pertemuan di Istana Bogor itu, Jokowi mengatakan bahwa yang meminta Rizal Ramli menjadi Menko Kemaritiman bukan dirinya pribadi, melainkan rakyat Indonesia.

Mendengar pernyataan Jokowi itu, hati Rizal Ramli tersentuh. Mantan penasehat ekonomi di PBB itu pun lemas dan akhirnya menerima tawaran Jokowi. Cerita tentang detik-detik Rizal Ramli menerima pinangan Jokowi disampaikan Rizal Ramli dalam acara E-TalkShow yang diputar TVOne, Jumat malam (16/3/2018).

“Pak Jokowi di Bogor katakan: Mas Rizal, saya minta Mas Rizal bantu saya jadi Menko Maritim. Saya katakan: Mas, terima kasih. Saya tidak berminat. Ini ada daftar nama yang saya usulkan,” kata Rizal Ramli.

Mendengar pernyataan Rizal Ramli, Jokowi mengatakan, dirinya membutuhkan orang yang berani dan mengerti masalah. Kalau hanya mengerti masalah, tapi tidak berani, tidak akan bisa bekerja. Kalau hanya berani tapi tidak mengerti masalah, bisa hanya mengacau.

“Mas Rizal dua-duanya, ngerti masalah dan berani. Saya betul-betul minta tolong,” kata Jokowi lagi seperti ditirukan Rizal Ramli. Rizal masih bertahan, dan mengatakan bahwa dirinya memang tidak tertarik dan lebih senang di luar.

“Tapi kemudian Pak Jokowi pakai gaya Jawa banget, dia katakan: Mas Rizal, yang minta tolong ini bukan hanya Jokowi yang presiden. Siapa sih saya dibandingkan Mas Rizal dari segi pengalaman dalam dan luar negeri. Yang minta tolong ini tidak hanya saya, tapi rakyat Indonesia yang ingin hidup lebih bagus,” masih kata Rizal menirukan Jokowi. Itulah pernyataan Jokowi yang membuat Rizal Ramli lemas.

To Top