Ekonomi

Sandiaga Dorong Pelaku UMKM Terus Berinovasi

Sandiaga uno

JAKARTA, EDUNEWS.ID-MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno meminta pelaku usaha di berbagai daerah di Indonesia mengembangkan potensi ekonomi kreatif. Hal ini sebagai upaya mendorong perkembangan ekonomi yang dialami

Menurutnya, dirinya berkomitmen dan konsisten memberikan dukungan dan memfasilitasi pengembangan sektor wisata dan ekonomi kreatif, melalui berbagai program.

“Salah satunya perlu inovasi. Kenapa kabupaten/kota harus didorong untuk kreatif, untuk memiliki inovasi,” ucap Sandiaga, saat melihat pelaku ekonomi kreatif di Kota Malang, Jawa Timur, Sabtu (16/10/2021).

Dia menjelaskan kunci dari memajukan pelaku ekonomi kreatif, termasuk pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) adalah inovasi, dengan memanfaatkan perkembangan teknologi, seperti penggunaan data digital dan menentukan langkah penguatan untuk daya saing.
“Inovasi ini, adalah bekal kita untuk bisa memiliki daya saing. Inovasi menggunakan data, menggunakan teknologi digital,” katanya.

Inovasi disebutkan perlu di tengah situasi pandemi Covid-19 yang belum berakhir. Sehingga pelaku usaha dan ekonomi kreatif ini mau tidak mau harus mempersiapkan kehidupan new normal, untuk bisa survive.

Ia menambahkan, pihaknya telah menyiapkan protokol Cleanliness, Health, Safety, and Environtment Sustainability (CHSE), yang merupakan salah satu panduan bagi para pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif untuk melakukan adaptasi di tengah pandemi.

Selain itu, upaya kolaborasi antar pelaku usaha, diperlukan dalam upaya untuk memperluas jejaring, dan membuka peluang potensi kerja sama antar pelaku usaha.
“Saya yakin dengan berkumpulnya kita di sini, kita akan mendorong bangkitnya ekonomi kreatif di Indonesia,” pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top